Home Politik Hadapi Pemilu, Kesbangpol Ingatkan ASN Jangan Berpolitik

Hadapi Pemilu, Kesbangpol Ingatkan ASN Jangan Berpolitik

Labuhanbatu, gatra.com - Kakan Kesbangpol Pemkab Labuhanbatu, H Nilwansyah mewanti-wanti seluruh ASN agar tidak terlibat dalam Pemilu tahun 2024 mendatang.
 
Hal itu sesuai pidato tertulis Bupati Labuhanbatu, H Erik Adtrada Ritonga yang disampaikannya saat upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional Tahun 2023 kelompok 3 di halaman Dinas Kantor PUPR, Selasa (17/1/2023).
 
Nilwansyah mengatakan, tahun 2024 akan datang akan dilaksanakan Pemilu serentak yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pemilihan Legislatif dan dilanjutkan dengan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia.
 
"Tentunya kita sebagai warga negara dan khususnya para ASN harus dapat ikut serta mensukseskan pemilihan umum tersebut yang merupakan bagian dari sistem demokrasi," ucapnya.
 
Nilwansyah berharap, para ASN memiliki asas netralitas sesuai Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 yang menyebutkan ASN dilarang menjadi anggota dan pengurus partai politik serta tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun juga tidak memihak kepada kepentingan siapapun.
 
"Jadi, saya berharap kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Labuhanbatu dapat bersifat netral dalam perhelatan pemilu yang akan datang, tidak terlibat politik praktis dan politik identitas, fokuslah bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing," harapnya.
 
Diakhir pidatonya Nilwansyah menegaskan melalui upacara hari kesadaran nasional dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkokoh kebersamaan, kekompakan serta persatuan dan kesatuan. 
 
"Semoga di awal tahun 2023 dapat semangkin meningkatkan semangat, tekad dan komitmen kita selaku aparatur negara, seraya mengevaluasi diri sejauh mana tugas dan tanggung jawab yang telah dilaksanakan selama ini untuk kepentingan bangsa dan negara, terkhusus untuk masyarakat Kabupaten Labuhanbatu," tutupnya.
17