Home Internasional Akhirnya, Jerman dan AS Siap Mengirim Tank ke Ukraina

Akhirnya, Jerman dan AS Siap Mengirim Tank ke Ukraina

Washington, Gatra.com- Setelah berbulan-bulan menunda mengirim tank ke Ukraina, kini Amerika Serikat (AS) dan Jerman dikabarkan akan mengumumkan rencana pengiriman armada perang tersebut.

AS diperkirakan akan mengumumkan rencana untuk mengirimkan setidaknya 30 tank M1 Abrams. Sedangkan Kanselir Jerman Olaf Scholz memutuskan mengirimkan 14 tank Leopard 2.

Mengutip sumber anonim, media AS melaporkan bahwa pengumuman mengenai pengiriman Abrams ke Ukraina dapat dilakukan paling cepat pada hari Rabu. Pejabat AS yang menolak disebutkan namanya itu mengatakan setidaknya 30 kendaraan dapat dikirim.

Menurutnya, rentan waktu pengiriman armada ke medan perang memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Di sisi lain, para pejabat Jerman secara pribadi bersikeras bahwa mereka hanya akan menyetujui pengiriman Leopard 2 ke Ukraina jika AS juga mengirim M1 Abrams.

Senator Demokrat Chris Coons yang juga sekutu Biden mengatakan pada Selasa (23/1), jika Jerman hanya akan mengirimkan tank Leopard 2 maka AS mengirimkan tank Abrams.

Dikutip dari BBC.com, Pejabat Ukraina mengatakan pengiriman semacam itu dapat membantu pasukannya merebut kembali wilayah dari Rusia. Hingga saat ini, AS dan Jerman telah melawan tekanan internal dan eksternal untuk mengirim tank mereka ke Ukraina.

Sejauh ini, Ukraina masih belum memungkinkan mendapatkan 300 tank tempur utama modern yang dibutuhkan untuk memenangkan perang dengan Rusia.

Diketahui Kepala staf presiden Ukraina, Andriy Yermak, pada hari Selasa lalu meminta negara-negara Barat untuk memberi Kyiv ratusan tank untuk membentuk "tinju penghancur" melawan Rusia.

"Tank adalah salah satu komponen bagi Ukraina untuk kembali ke perbatasan tahun 1991," tulisnya di Telegram setelah muncul laporan bahwa Jerman setuju untuk mengirim tank.

32