Home Kebencanaan Pabrik Kayu di Sukoharjo Dilalap Si Jago Merah

Pabrik Kayu di Sukoharjo Dilalap Si Jago Merah

Sukoharjo, Gatra.com - Pabrik kayu lapis PT Adiraksa yang berada di Jalan Ngarak-anak Desa Telukan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, dilalap si jago merah, Rabu (25/1). Hingga pukul 10.00 WIB, proses pemadaman masih dilakukan.

"Kita menerima laporan jam 01.45 WIB, lalu kita tindaklanjuti mengirim dua armada tujuh personel," ucap Kabid Damkar Satpol PP Sukoharjo, Margono.

Kendati demikian, api terus membesar. Sehingga dia meminta bantuan pemadaman dari Solo Raya.
 
Menurut Margono, media yang terbakar yakni tumpukan kayu. Dimana kebetulan jenis kayunya tersebut bercampur, sehingga membutuhkan waktu lebih untuk proses pemadaman.

"Media yang terbakar kayu, itu kan punya karakter kalau disemprot atas itu mati, tapi bawah masih menyala. Kebetulan kayunya campuran, ada kayu jati dan kayu yang keras-keras," terangnya.

Margono mengaku, dalam proses pemadaman tidak ada kesulitan, baik di medannya. Namun kendalanya pada akses menuju titik api yang paling besar. Sehingga harus membuka banyak kayu yang terbakar dari depan hingga belakang.

Selain itu, untuk suplai air, Margono juga mengaku kesulitan. Padahal sejumlah hotel dan rumah sakit di wilayah Kecamatan Grogol sudah dimintai bantuan namun dirasa masih kurang.

"Dari berbagai dunia usaha dari hotel, rumah sakit se-Solo Baru sudah kita mintai bantuan, dan juga masih kurang, ini ada keterlambatan air kita terpaksa ambil air di mako jarak yang kurleb sekitar 15 an km untuk balik ke sini," ungkapnya.

Sementara itu terkait dengan penyebab kebakaran, pihaknya belum bisa memastikan.

"Korban jiwa tidak ada, cuma kalau sesak napas ada, kebetulan setiap armada kita keluar kita didampingi tim PSC 119, beserta tenaga medisnya," tandasnya.

54