Home Ekonomi RI Mulai Transisi Penanganan Covid-19, Tanda-tanda Status Endemi?

RI Mulai Transisi Penanganan Covid-19, Tanda-tanda Status Endemi?

Jakarta, Gatra.com - Indonesia mulai melakukan transisi penanganan Covid-19. Target menuju status endemi semakin jelas seiring terkendalinya kasus Covid-19.

"Hampir di seluruh dunia para pimpinannya sudah melihat bahwa (Covid-19) semakin terkendali. Kecuali tinggal di beberapa negara aja," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat ditemui di Gedung AA Maramis, Jakarta, Kamis (26/1).

Menkes menambahkan status endemi harus dilakukan secara serempak di seluruh dunia. Hal itu berdasarkan arahan dari organisasi kesehatan dunia (WHO).

"WHO sendiri sudah ngomong karena ini kan pandemi sifatnya global," ucapnya.

Adapun saat ini sejumlah varian baru Covid-19 masih terus bermunculan. Kendati pemerintah mengaku tetap waspada dengan kemungkinan perkembangan varian baru Covid-19 yang terjadi. Misalnya, varian Kraken atau Omicron XBB 1.5 yang dikenal super menular.

Sejak akhir Desember 2022 lalu, pemerintah RI telah mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) seiring dengan melandainya kasus Covid-19 di Indonesia.

Menkes menegaskan pencabutan PPKM bukan semata-mata pemerintah hanya memprioritaskan sektor ekonomi dan mengabaikan kesehatan. Antisipasi di masyarakat, kata dia harus terus dilakukan melalui penerapan protokol kesehatan dan menjalani vaksin booster kedua.

"Emang sekarang karena kondisi kesehatannya sudah jauh lebih terkendali, ya, kita percepat sedikit mobilitasnya," imbuhnya.

32