Home Pendidikan 13 Kampus Ini Punya Prodi Akuntansi Unggul Versi LAMEMBA, Simak Daftarnya!

13 Kampus Ini Punya Prodi Akuntansi Unggul Versi LAMEMBA, Simak Daftarnya!

Jakarta, Gatra.com - Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajeman Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) resmi mengumumkan daftar 13 perguruan tinggi yang memiliki program studi (Prodi) S1 akuntansi dengan predikat unggul. Peringkat tersebut disusun dari 178 prodi ekonomi manajemen bisnis dan akuntansi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil meraih akreditasi peringkat unggul, baik sekali dan baik.

LAMEMBA pun merupakan sebuah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi yang bertugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, yang diprakarsai oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi, dan Bisnis Indonesia (AFEBI). Terkait hasil akreditasi, LAMEMBA melakukan pembaruan data setidaknya satu minggu sekali.

Dari daftar 13 perguruan tinggi dengan prodi akuntansi unggul tersebut diantaranya Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Malang, Universitas Bakrie, Universitas Bunda Mulia, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas, Universitas Pancasila, Universitas Pancasakti Tegal dan Universitas Jember.

Dikutip dari situs LAMEMBA, penetapan peringkat akreditasi melalui beberapa tahapan. Pertama adalah Asesmen Kecukupan (AK) yang meliputi 74 indikator kecukupan dokumen. Surat Keputusan (SK) penetapan peringkat unggul untuk prodi akuntansi peringkat unggul di 13 kampus tersebut, berlaku hingga lima tahun sejak 2022 hingga 2027.

Tahap kedua adalah Asesmen Lapangan (AL) yang bertujuan melakukan klarifikasi dan konfirmasi atas hasil AK. Tahap terakhir adalah penetapan peringkat berupa peringkat unggul, baik sekali dan baik. Per 18 Januari 2023, tercatat sudah ada 537 pengajuan akreditasi yang masuk ke LAMEMBA.

Dari jumlah itu, ada 70 yang masuk verifikasi dokumen, 49 sudah masuk asesmen kecukupan, 45 validasi asesmen kecukupan, 134 asesmen lapangan, 53 validasi asesmen lapangan dan 178 sudah keluar hasil pemeringkatan akreditasinya.

279