Home Regional BPS Jatim Sebut Kunjungan Wisman Desember 2022 Meningkat Pesat

BPS Jatim Sebut Kunjungan Wisman Desember 2022 Meningkat Pesat

Surabaya, Gatra.com - Sektor pariwisata Provinsi Jawa Timur terus mengalami peningkatan dari jumlah kunjungan. Terakhir, Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur mencatat sebanyak 14,264 wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Jatim via Bandara Juanda pada Desember 2022 lalu. 

Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan kondisi pada bulan sebelumnya. Dalam laporan yang dirilis Rabu (01/02), BPS Jatim menyebut dibandingkan bulan sebelumnya, kunjungan pada Desember 2022 itu mengalami peningkatan sebesar 47,91% di mana pada November hanya mencapai 9,644 kunjungan. 

Jumlah itu terbilang signifikan lantaran pada bulan yang sama pada tahun 2021 BPS mencatatkan angka nol untuk kunjungan wisman di Jatim. Pandemi Covid-19 jadi biangnya. Bandara Juanda pun ditutup. 

Baca Juga: Anies ke Solo Rabu Pon, Gibran Akui Ada Komunikasi: Beliau Ngajak ke Jakarta

Hal itu sejalan dengan instruksi Kemendagri Nomor 43 Tahun 2021 dan SE Menteri Perhubungan Nomor 74 Tahun 2021 bahwa pintu masuk perjalanan penumpang penerbangan internasional hanya dapat dilakukan melalui bandara Soekarno Hatta, Jakarta, dan Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado.

Secara umum, peningkatan kedatangan wisman ke Jatim sepanjang Desember tiga tahun terakhir menunjukkan tren meningkat seiring pulihnya kondisi pandemi. Adapun jumlah kunjungan pada Desember 2020 hanya mencapai 85 orang.

“Diharapkan ke depan pandemi segera berakhir dan jumlah kunjungan wisman ke Jawa Timur terus alami peningkatan,” dikutip dari laporan bertajuk "Perkembangan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Desember 2022" itu.

71