Home Ekonomi Jokowi Mampir di Booth Esemka di IIMS 2023

Jokowi Mampir di Booth Esemka di IIMS 2023

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo mampir ke both Esemka yang memamerkan produk terbarunya di Indonesia International Motor Show 2023.

Didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, menterin Perindustrian Gumiwan Kartasasmita, Ketua IMI Bambang Soesatyo dan petingi-petinggi lainya, Jokowi menyimak dua model terbaru Esemka yaitu Bima EV blind van dan Bima EV minivan 11 seat.

Bima EV blind van mendapat perhatian lebih dulu dari Presiden. Sambil melihat mobil bertenaga listrik itu, presiden menanyakan beberapa hal termasuk harga.

Ketika menghampiri Bima EV minivan, Presiden sempat mencoba duduk di kursi pengemudi Bima EV minivan. Saat duduk presiden terlihat memperhatikan bagian interior dan mencoba membuka laci dan wadah-wadah yang ada diinterior. "Beliau terlihat nyaman, sambil memerika bagian-bagian interior," kata Eddy Wirajaya, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) yang mendampingi presiden.

Baca juga: Melihat Mobil Esemka Listrik yang Dicoba Jokowi

Kepada Edi, Presiden berpesan agar disegerakan untuk proses CKD sehingga bisa berkontribusi mengembangkan pasar mobil listrik di Indonesia.

Eddy menjelaskan kedua mobil listrik ini masih diimpor secara utuh (CBU) dari mitra perusahaan tanpa menyebut secara detail. Dua produk yang dipamerkan itu resminya masih dalam tahap prototipe dalam rangka persiapan produksi dalam negeri (CKD).

Meskipun masih berstatus CBU, kedua model itu sudah bisa dipesan. "Untuk versi minivan harga CBU Rp540 juta on the road. Jika nanti sudah diproduksi dalam negeri harganya dibawah Rp500 juta," katanya.

116