Home Hiburan Songgoriti Hot Springs Destinasi Wisata Tempat Para Mpu Menjamasi Keris Saktinya

Songgoriti Hot Springs Destinasi Wisata Tempat Para Mpu Menjamasi Keris Saktinya

Batu, Gatra.com- Napak tilas peninggalan Mpu Sindok, kita akan dibawa ke kawasan wisata Songgoriti, Songgokerto, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Kawasan ini terkenal dengan wisata sumber air panas. Air yang menurut legenda mendidih karena digunakan untuk jamasan (memandikan) keris sakti rekayasa para Mpu. Konon Mpu Sindok, Mpu Gandring dan Mpu Supo menjamasi pusakanya di Songgoriti. Tempat ini juga dikenal sebagai rendezvous Ken Arok dan Ken Dedes.

Tempat eksotik ini selalu menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi petandang domestik maupun mancanegara. Udara yang sejuk dengan panorama alam yang indah serta kulinernya yang lezat menjadikan tempat wisata di kaki Gunung Arjuna ini menjadi favorit banyak orang.

Hari ini, Sabtu, 18/2, dibuka satu lagi destinasi yang cukup yahud yaitu Songgoriti Hot Springs. Sebuah cafe resto dan wisata pemandian air panas teranyar yang berlokasi di pusat kota Batu, Jawa Timur. Cocok untuk para wisatawan bersantai di lokasi yang sejuk dikelilingi perbukitan dan pemandangan yang ciamik. Nuansa hijau hutan alam menyejukan mata dan menenangkan jiwa.

“Tempat kita ini (Songgoriti Hot Springs/Pemandian Air Panas Songgoriti) berada di kawasan wisata Songgoriti. Kawasan Songgoriti adalah kawasan yang berada di lembah yang mengelilingi bukit yang dikelilingi. Udaranya sejuk, pemandangan yang indah. Bahkan, Presiden Soekarno pernah beberapa kali bermalam di kawasan Songgoriti ini karena terpikat oleh keindahan dan sejarah kawasan tersebut,” kata Direktur Operasional Pemandian Air Panas Songgoriti, Budi Sudarmono.

“Dan Kawasan Songgoriti ini sebenarnya lama terbengkalai. Sekarang sedang dilakukan pemugaran dan pembangunan besar-besaran dan bersiap akan menjadi pusat wisata terbaik di Kota Batu. Tahun ini diawali launching Songgoriti Hot Spring sebagai destinasi wisata yang merupakan satu-satunya Cafe & Resto yang memiliki hotspring berupa kolam renang dan Jacuzzi (pusaran air),” papar Budi.

Sensasi mandi air hangat dengan kandungan belerang di Songgoriti Hot Springs berasal dari sumber air legendaris Candi Songgoriti. Candi Songgoriti merupakan candi tertua di Jawa Timur yang didirikan Mpu Sindok pada abad ke-9 M. Saat itu Mpu Sindok mencari temapat peristirahatan yang nyaman untuk keluarga kerajaan. Di bawah Candi ini terdapat 3 sumber udara yakni air panas, air dingin dan air keruh hijau.

“Dari cerita yang berkembang, Candi Songgoriti merupakan lokasi pertemuan Ken Dedes dan Ken Arok. Dalam cerita lainnya, di candi inilah Empu Sendok, Empu Gandring, dan Empu Supo mencuci keris saktinya,” cerita Budi.

Pemandian Air Panas Songgoriti buka setiap hari jam 10 pagi - 10 malam. Akhir pekan buka mulai jam 8 pagi-11 malam. Songgoriti Hot Springs selain nyaman juga menyehatkan. Kandungan belerangnya baik untuk kesehatan kulit. “Di tempat ini, kita dapat merasakan sensasi air panas belerang yang mengalir dari sumber mata air alami di bawah Candi Songgoriti. Air panas ini membantu meredakan stress dan menenangkan pikiran. Berendam di jacuzzi air panas dengan udara segar adalah pengalaman yang tidak terlupakan selama berwisata di kota Batu,” jelas Budi.

“Setelah berendam, kita dapat menyegarkan diri dengan menikmati berbagai menu makanan dan minuman sambil mendengarkan musik. Rilekskan diri, segarkan tubuh dan pikiran, dan isi ulang energi Anda di Songgoriti Hot Springs. Inilah tempat yang sempurna untuk meresapi suasana damai dan menyegarkan diri,” tulisnya.

Lokasi Songgoriti Hot Springsi mudah ditemukan di googlemaps. Lokasinya hanya 5 menit dari alun-alun Kota Batu . Fasilitas yang ada di Songgoriti Hot Springs diantaranya, kolam renang, jacuzzi dan restauran dengan menu nusantara yang beraneka ragam, akan membuat pengalaman menikmati air panas semakin menyenangkan dan menyegarkan.

643