Home Mikro Siak Bakal Tiru 'Jurus' Pemalang Pasarkan Produk UMKM

Siak Bakal Tiru 'Jurus' Pemalang Pasarkan Produk UMKM

Pemalang, Gatra.com- Bupati Siak Alfedri sangat mendukung produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dapat bersaing hingga ke pasar global. Bahkan, Ketua PAN Riau ini meminta agar semua pihak dan pemangku kepentingan di Kabupaten Siak mendukung penuh agar UMKM memiliki daya saing global. 

Menurut Alfedri, UMKM mampu menunjukkan salah satu pilar utama dalam perkembangan perekonomian negara. Hal ini dibuktikan dengan ketahanan UMKM pada kondisi krisis di tengah guncangan Covid-19 dua tahun silam.

Demi mengembangkan produk UMKM di Siak, ayah satu anak ini pun tidak henti-hentinya melakukan studi tiru ke daerah lain. Seperti pada Senin (27/2) kemarin, mantan Wakil Bupati Siak ini menengok langsung pola pemasaran dan pengembangan produk UMKM di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

"Kedatangan kita ke sana untuk mengetahui bagaimana pola pemasaran yang dilakukan Pemkab Pemalang, sehingga produk UMKM mereka mudah didapat juga laris dipasaran," kata Alfedri kepada Gatra.com, Selasa (28/2).

Kalau kualitas, lanjut Alfedri, hampir sama dengan produk UMKM di Siak. Namun yang perlu ditiru pola pemasaran dan kerja sama dengan multipihak yang dilakukan Pemkab Pemalang.

"Kalau kualitas dan rasa produk UMKM di Pemalang hampir sama dengan Siak. Seperti nanas madu, batik Pemalang, hasil inovasi sarung goyor yang di batik (gotik), dan beberapa jajanan khas Pemalang, seperti tahu dan kacang kletik randudongkal, apem wanarata serta manisan pepaya asal moga. Namun bedanya, produk jajanan mereka sudah dipasarkan di Indomaret dan ada outlet tersendiri," kata Alfedri. 

Melalui studi tiru ini, kata Alfedri, ke depan pola pemasaran seperti itu bisa dilakukan produk UMKM Siak. Pola kemitraan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM di Kabupaten Siak.

"Sekaligus dapat melakukan pembinaan terhadap branding packaging, dan marketing, sehingga produk-produk UMKM di Kabupaten Siak dapat dikenal oleh masyarakat dan kedepannya mampu bersaing di dunia industri," ujarnya. 

Bupati Kabupaten Pemalang, Mansyur Hidayat menyampaikan, untuk menggerakkan sektor UMKM pihaknya bekerjasama dengan lembaga keuangan, dan menyediakan stan di setiap acara pemerintahan. "Kami di sini bekerjasama dengan bank-bank, kemudian setiap acara seperti car free day kami pasarkan produk UMKM di kios-kios yang telah tersedia," kata dia.

Disamping itu lanjutnya, setiap acara rapat Pemkab, selalu mengunakan produk UMKM lokal. Baik itu berupa makanan, minum dan juga souvenir untuk para tamu.
"Kemitraan dengan sejumlah lembaga dan perusahaan sudah kita lakukan sejak akhir tahun 2021 dalam bentuk kurasi produk. Kami juga menyediakan grai-grai bagi pelaku UMKM di Kota Pemalang," terangnya.

54