Home Politik Pertemuan Prabowo-Surya Paloh: Saling Menghormati Keputusan Politik Masing-Masing

Pertemuan Prabowo-Surya Paloh: Saling Menghormati Keputusan Politik Masing-Masing

Jakarta, Gatra.com - Pertemuan antara Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, digelar di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3). Probowo mengungkapkan adanya kesepakatan bahwa keduanya menghormati keputusan politik masing-masing.

"Kami dapati suatu kesimpulan tertentu. Kami sepakat untuk saling mengormati keputusan politik masing-masing. Kami sepakat bahwa kami ingin suasana bangsa dan negara selalu dalam keadaan damai, rukun, dalam keadaan bersatu," ujarnya saat memberikan keterangan pers usai pertemuan, Minggu (5/3).

Prabowo mengaku pertemuan ini merupakan pertemuan antar dua sahabat yang sama-sama berkecimpung di dunia politik. Pembicaraan yang berlangsung juga disebutnya sangat cair dan mengalir.

"Keterpanggilan sebagai warga megara, ingin berbakti kepada bangsa. Pembicaraan sangat cair, setelah kami makan siang kemudian minun kopi, (kami) berbicara cukup luas, cukup mendalam," katanya.

Baca Juga: Prabowo-Surya Paloh Sepakat Pemilu Damai

Menurutnya, keputusan politik kedua pihak harus saling dihormati. Selain itu, adanya oposisi juga dianggap mampu berperan secara konstruktif, dan tetap memperhatikan nilai-nilai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika.

Prabowo juga mengucapkan terima kasih atas kedatangan Surya Paloh ke rumah peristirahatannya ini. Ke depan, ia berharap adanya komunikasi yang lebih intensif dalam rangka membangun negara.

"Kami sepakat komunikasi politik harus lebih intensif, lebih sering dilakukan dengan semua pihak," ucapnya.

Surya Paloh juga mengungkapkan bahwa komunikasi antar kedua pihak akan terus dibangun. Ini dilakukan agar kesadaran masyarakat bisa terbangun dalam nasionalisme dan kedewasaan berpolitik.

Baca Juga: Isu Penundaan Pemilu, Prabowo: Tidak Masuk Akal!

"Kami berdua menyadari bahwa hubungan yang kami miliki harus terus terjaga sedemikian rupa, bukan hanya bisa memberikan benefit kepada kami semata-mata atau partai politik (parpol), tapi ada kepentingan lebih besar menjaga spirit kebangsaan dan membangun kesadaran publik, kedewasaan berpolitik," terangnya.

Surya paloh mengucapkan terima kasih telah disambut dengan baik oleh Prabowo. Ia mengaku kunjungan ini membawa kesan tersendiri dengan persiapan mendetail dari tuan rumah.

"Suatu kehormatan bisa dijamu di tempat luar biasa indah, nyaman, damai. Tadi ada drumband yang hebat, memperdengarkan Mars Partai Nasdem, ini benar-benar detail mempersiapkannya," katanya.

Baca Juga: Surya Paloh Bilang Datangnya Prabowo, Ada Bincang Penuh Canda

Diketahui, Surya Paloh dari Partai Nasdem sedang melakukan safari politik ke beberapa partai. Sebelumnya, pada Rabu (1/2) lalu, ia telah melakukan kunjungan ke Kantor Partai Golkar di Jakarta Barat. Sepekan sebelumnya, Kamis (26/1) perwakilan Partai Nasdem mendatangi Sekretariat Bersama (Sekber) PKB-Gerindra.

Saat ini, Partai Gerindra dan Partai Nasdem telah sama-sama mengumumkan calon presiden (capres) menuju pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang. Gerindra mengusung ketua umumnya, yakni Prabowo, sementara Nasdem telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres yang diusung.

106