Home Ekonomi Pertanian dan Perikanan Dominasi Ekspor NTB

Pertanian dan Perikanan Dominasi Ekspor NTB

Mataram, Gatra.com- Komoditas hasil pertanian, kelautan dan perikanan menjadi andalan NTB dalam meningkatkan tren ekspor ke luar negeri. Jenis komoditas tersebut yakni, jenis gandum-ganduman yang di ekspor ke Filipina, ikan dan udang diekspor langsung ke Amerika Serikat, Singapura dan Malaysia. Kemudian untuk olahan ikan dan daging pun diekspor ke Amerika Serikat dan Poerto Rico.

"Jenis komoditas tersebut dapat mendongkrak ekspor. Selain komoditas yang disebutkan terdapat komoditas lain di antaranya, Garam, ke Thailand dan Vietnam kemudian ada juga perhiasan permata yang diekspor ke negara Hongkong, Jepang dan Australia," papar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTB, Wahyudin di Mataram, Selasa (7/3).

Wahyudin juga menambahkan, BPS NTB menyebut nilai ekspor provinsi NTB year on year (y-on-y) terjadi kenaikan dari US 249.50 dollar pada Januari 2022 menjadi US 258.11 dollar pada bulan Januari 2023. Itu artinya, nilai ekspor NTB mengalami kenaikan sebesar 3,45 persen.

Sedangkan nilai ekspor Provinsi NTB month to month (m-to-m) dari US 232.32 dollar di bulan Desember 2022 menjadi US 258.11dollar di bulan Januari 2023 mengalami peningkatan sebesar 11.10 persen.

"Alhamdulillah nilai ekspor kita mengalami kenaikan yang sangat baik. Ini menunjukkan bahwa produk-produk lokal banyak di minati oleh pasar internasional," ungkapnya.

Ia juga menyatakan, bahwa kelompok komiditas yang mendorong nilai ekspor Provinsi NTB. Diantaranya, bahan galian/tambang non migas yang diekspor ke negara China, Korea Selatan dan Filipina.

343