Home Olahraga Sebelas Wakil Indonesia Perebutkan Tiket ke Babak 8 Besar All England 2023

Sebelas Wakil Indonesia Perebutkan Tiket ke Babak 8 Besar All England 2023

Jakarta, Gatra.com - Babak 16 besar All England 2023 digelar hari ini, Kamis (16/3). Bermain di Utilita Arena Birmingham, Inggris, mulai pukul 10.00 waktu setempat atau pukul 17.00 WIB, 11 wakil Indonesia akan memperebutkan tiket ke babak perempatfinal.

Laga sengit diprediksi terjadi di sektor ganda putra. Juara bertahan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana akan melawan wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi yang berhasil menumbangkan peraih emas Olimpiade 2020, Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan). Pertemuan perdana Fikri/Bagas dengan Ong/Teo juga terjadi di momen yang sama di tahun lalu, yakni babak 16 besar All England 2022. Laga itu dimenangkan pasangan asal Indonesia melalui rubber game, 24-22, 13-21, 21-17.

Kemudian wakil ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan berhadapan dengan wakil Thailand, Supissara Paewsanpran/Puttita Supajirakul. Unggul 2-0 dalam dua pertemuan sebelumnya, Apri/Fadia perlu mewaspadai serangan lawan di poin kritis, sebab dalam pertemuan terakhir keduanya di babak semifinal Singapore Open 2022 lalu, pasangan Indonesia menang setelah melalui rubber game ketat, 19-21, 21-13, 21-19.

"Sejak di Jakarta kami sudah mengetahui calon lawan kami, tapi kami tidak mau berpikir terlalu jauh. Bertemu pasangan Thailand dengan kualitas mumpuni, kami sudah siap," ujar Apri dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/3).

Pasangan ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang menang atas rekan senegara, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuella Widjaja dalam babak 32 besar, Rabu (16/3), akan melawan wakil Thailand lainnya, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Tertinggal 4-7 dalam head-to-head, pertemuan terakhir keduanya dalam babak penyisihan grup BWF World Tour Finals 2021 lalu dimenangkan pasangan Thailand, 14-21, 21-10, 11-21.

"Lawan Dechapol/Sapsiree semua harus disiapkan. Kondisi, motivasi, dan melihat lagi permainan mereka seperti apa, karena kami juga sudah lama tidak bertanding dan setelah sekian lama baru bertemu lagi dengan mereka," kata Melati.

Pemain debutan All England 2023, Chico Aura Dwi Wardoyo akan berhadapan dengan wakil China, Weng Yong Hang. Bertemu untuk pertama kali, serangan pemain China perlu diwaspadai setelah berhasil menumbangkan wakil Indonesia lainnya, Jonatan Christie di babak 32 besar, Rabu (15/3).

Wakil tunggal putra lainnya, Anthony Sinisuka Ginting akan melawan wakil India, H.S Prannoy. Meskipun saat ini menempati peringkat tiga dunia, Ginting baru berhasil meraih satu kemenangan dalam tiga pertemuan sebelumnya. Pertemuan terakhir kedua pemain terjadi di babak semifinal Swiss Open 2022 lalu dengan kemenangan Prannoy, 19-21, 21-19, 18-21.

"Fokus diri sendiri, recovery, coba lebih dimantapkan lagi. Saya juga akan diskusi dengan pelatih dan teman-teman di tunggal putra bagaimana strategi melawan Prannoy," ucap Ginting.

Jadwal lengkap pemain Indonesia:

Court 1:

Supissara Paesampran/Puttita Supajirakul vs Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Match 1)

Ong Yew Sin/Teo Ee Yi vs Muhammad Shohibul Fikri/ Bagas Maulana (Match 2)

Lalinrat Chaiwan vs Gregoria Mariska Tunjung (Match 4)

Anthony Sinisuka Ginting vs Prannoy H.S (Match 8)

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Match 9)

Court 3:

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Jeppe Bay/Lasse Molhede (Match 6)

Robin Tabeling/Selena Piek vs Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela (Match TBA)

Court 4:

Thom Gicquel/Delphine Delrue vs Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Match 2)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan (Match 5)

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Weng Hong Yang (Match 8)

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Lucas Corvee/Ronan Labar (Match TBA)

 

324