Home Internasional Polandia Kirim MiG 29 ke Ukraina, Diganti Pesawat Buatan Negara Asia

Polandia Kirim MiG 29 ke Ukraina, Diganti Pesawat Buatan Negara Asia

Warsawa, Gatra.com - Polandia akan menjadi negara NATO pertama yang mengirim pesawat jet ke Ukraina sejak perang Rusia-Ukraina berlangsung. Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan negaranya akan menyerahkan jet tempur MiG-29 buatan Soviet dalam beberapa hari mendatang.

"Dalam beberapa hari mendatang pertama-tama kami akan mentransfer, jika saya ingat dengan benar, empat pesawat yang beroperasi penuh ke Ukraina," kata Duda dalam konferensi pers di Warsawa seperti dilaporkan Reuters.

Duda mengatakan bahwa angkatan udara Polandia akan mengganti pesawat yang diberikannya ke Kyiv dengan jet FA-50 buatan Korea Selatan dan F-35 buatan Amerika.

Pemimpin Polandia mengatakan pekan lalu bahwa pengiriman pesawat tempur hanya akan dilakukan dalam koalisi internasional yang lebih besar. Selain Polandia, Slovakia juga menyatakan kesiapan untuk menyediakan pesawat MiG-29 ke Kyiv juga.

AU Ukraina sudah akrab dengan pesawat itu dan dapat segera menerbangkannya tanpa pelatihan tambahan. Mereka sudah mengoperasikan jet tempur era Soviet Su-24, Su-25 dan MiG-29. Pilot-pilotnya sudah familiar dengan pesawat ini. Sementara jika mengoperasikan pesawat jet F-16 seperti yang diminta Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy  perlu pelatihan pilot lebih dulu selama sembilan bulan.

“Mereka adalah pesawat yang telah diterbangkan Ukraina sebelumnya dan dapat didukung. Dan saya pikir kita perlu beralih ke itu terlebih dahulu. Dan mungkin, agar pesawat-pesawat itu dikirim ke Ukraina, AS dapat mengisi ulang dengan F-16 untuk negara yang menyerahkan bekas pesawat Soviet mereka," kata Jim Townsend, mantan wakil asisten menteri pertahanan AS untuk kebijakan Eropa dan NATO.

Selain Polandia dan Slovakia, belum ada negara NATO yang berkomitmen untuk mengirim pesawat jet tempur ke Ukraina. Jerman sejak awal sudah menegaskan tidak akan mengirim pesawat tempur. Inggris yang melatih pilot Ukraina tidak mengoperasikan F-16. Amerika Serikat juga masih menutup pintu terhadap permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy yang minta dibantu pesawat jet tempur F16.

Mikoyan MiG-29 adalah pesawat tempur yang dibuat oleh biro desain Mikoyan-Gurovich Rusia, dirancang untuk menggantikan pesawat MiG-21, MiG-23, Su-15, dan Su-17, serta untuk menyaingi pesawat tempur AS seperti F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon. MiG-29 mulai beroperasi dengan Angkatan Udara Soviet pada tahun 1983.

403