Home Pendidikan Glow & Lovely Kembali Hadirkan Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2023

Glow & Lovely Kembali Hadirkan Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2023

Jakarta, Gatra.com– Glow & Lovely kembali menghadirkan “Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2023”. Program ini merupakan inisiatif yang memberi dukungan akses pendidikan tinggi kepada para perempuan Indonesia yang memiliki kendala finansial.

Memasuki tahun ke-7, Glow & Lovely memperbesar kuota penerimaan program hingga 75 penerima manfaat dari seluruh daerah di Indonesia dan pendaftar pun tidak terbatas hanya untuk siswi yang lulus pada tahun ini saja.

Senior Brand Manager Glow & Lovely, Reinata Sidik mengatakan, dari tahun pertama, program Glow & Lovely Bintang Beasiswa telah menerima lebih dari 27.000 pendaftar dari berbagai wilayah Indonesia. Serta telah mendampingi 330 perempuan untuk makin mendekat dengan cita-cita mereka.

"Guna memperluas manfaat positifnya, Glow & Lovely Bintang Beasiswa kini memberi kesempatan bagi 75 perempuan untuk bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi impian mereka. Jumlah penerima program ini meningkat 25% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yaitu 60 perempuan,” kata Reinata dalam konferensi persnya, Senin (20/3)

Para perempuan masih terhalang berbagai rintangan untuk bisa lebih berkontribusi dan menunjukkan kemampuannya. Hal ini terlihat dari nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2021 perempuan (69,59 poin) yang masih tertinggal dari laki-laki (76,25 poin).

Perbedaan rata-rata lama sekolah menjadi salah satu penyebab ketertinggalan perempuan dalam aspek pendidikan. Laki-laki memiliki rata-rata lama sekolah 9 tahun, sedangkan perempuan hanya 8 tahun.

Sebagai praktisi di bidang pendidikan, COO Sekolah.mu & co-founder Sekolah Murid Merdeka, Radinka Qiera menyebut kalau Perempuan membutuhkan landasan yang kuat dalam menjalankan multiperannya sebagai anak, ibu, istri, pekerja dan pemimpin. Pendidikan menjadi salah satu landasan utama, dan sekaligus jalan keluar dari kemiskinan.

"Namun sangat disayangkan, hanya 10% dari perempuan Indonesia yang berhasil mengenyam pendidikan dan lulus dari jenjang S1. Pendidikan tinggi itu modal dasar dan awal mula mereka menjemput peluang untuk berkontribusi dalam dunia industri dan profesional," jelas dia.

Selain itu, kata dia, keterbatasan perempuan dan multiperannya tersebut juga membuat kesenjangan yang cukup tinggi terhadap kontribusi mereka dalam angkatan kerja, yaitu 29% di bawah partisipasi laki-laki.

Miss Indonesia 2022, Audrey Vanessa turut mendukung program Glow & Lovely Bintang Beasiswa. ”Dengan menjadi seseorang yang selalu haus akan ilmu, aku terbantu untuk meningkatkan ketajaman intelektual dan menjadi pribadi yang kritis, peka, cepat tanggap, agile, dan tangguh," kata dia.

Melalui program Glow & Lovely Bintang Beasiswa yang telah terlaksana bersama Hoshizora Foundation selama 2017-2022, dari 330 perempuan yang telah mendapatkan dukungan untuk mengenyam pendidikan tinggi, banyak di antaranya sudah lulus dengan hasil yang membanggakan dan berpartisipasi aktif dalam dunia profesional maupun komunitas.

Executive Director Hoshizora Foundation,
Yudi Anwar, S.H menyampaikan bahwa melalui Glow & Lovely Bintang Beasiswa, pihaknya tidak hanya ingin mencetak generasi muda yang ‘gak kaleng-kaleng’ tetapi juga membangun suatu ekosistem pembelajaran utuh. "Contohnya, selama tujuh tahun ini kami selalu melibatkan Adik-adik Bintang untuk saling berbagi pengalaman, menjadi support system yang bisa diandalkan, hingga menginspirasi adik kelasnya yang masih bersekolah untuk selalu semangat meraih glowing mereka dengan terus melanjutkan pendidikan," jelas dia.

Dengan demikian, diharapkan program ini memberi manfaat berkelanjutan untuk para Adik Bintang, bahkan ketika mereka sudah lulus sekalipun. Pernyataan tersebut disetujui Adik Bintang Glow & Lovely Bintang Beasiswa berprestasi angkatan ke-2 (2018), Vica Bintang Ershandy, mahasiswa tahun akhir jurusan Ilmu Keperawatan, Universitas Brawijaya.

”Banyak sekali bekal untuk masa depan yang aku dapatkan setelah menjalani masa perkuliahan, mulai dari pelajarannya hingga ilmu-ilmu kehidupan yang aku dapat dari kegiatan pengabdian masyarakat," jela Vica.

Baginya, manfaat Glow & Lovely Bintang Beasiswa, selain mendapatkan dukungan finansial, ia yang merupakan perantau ini juga seperti memiliki keluarga baru yang mau mendengar keluh kesah selama perkuliahan serta berbagi ilmu serta pengalaman. "Selain itu, networking-ku juga jadi makin luas karena mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia,” kisahnya.

 

154