Home Kesehatan Genjot Vaksinasi di NTB, Perusahaan Tambang Diganjar PPKM Award

Genjot Vaksinasi di NTB, Perusahaan Tambang Diganjar PPKM Award

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah memberikan penghargaan terhadap pengabdian berbagai insan dalam upaya penanganan COVID-19 yang melanda dua tahun belakangan. Penghargaan dilatarbelakangi oleh apresiasi Dirjen WHO menyatakan bahwa penanganan COVID-19 di Indonesia termasuk yang terbaik dan cakupan vaksinasinya juga termasuk yang terbaik.

Dalam sambutan di acara penghargaan, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia berhasil dalam menekan angka penularan, angka kematian serta berhasil dalam menjaga stabilitas ekonomi, terbukti tahun lalu pertumbuhan kita tumbuh di angka 5,31%. Keberhasilan ini merupakan kerja keras seluruh komponen bangsa.

"Saya mengucapkan selamat kepada seluruh penerima PPKM Award, marilah pengabdian ini terus kita lanjutkan untuk memecahkan berbagai masalah-masalah kemanusian dan kebangsaan, serta membangun Indonesia menjadi negara maju,” kata Presiden Jokowi.

Salah satu penghargaan diberikan kepada PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) atas pendorongan program vaksinasi Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Presiden Direktur PT. AMNT, Rachmat Makkasau, menyebut penghargaan ini semakin mendorong kolaborasi berbagai pemangku kepentingan, tidak hanya menghadapi pandemi COVID-19 saja, tapi berbagai tantangan lain di masa depan.

“Kesehatan serta keselamatan karyawan merupakan prioritas kami. Begitu juga dengan masyarakat di sekitar wilayah operasional kami,” jelas Rachmat dalam keterangannya, Kamis (23/3).

Salah satu upaya penanganan COVID-19 yang telah dilakukan oleh AMNT adalah program vaksinasi (tahap 1, tahap 2, booster) yang diberikan kepada hampir 16.000 individu yang merupakan karyawan, mitra bisnis, dan keluarga, yang berada di Site Batu Hijau, proyek eksplorasi Elang, serta kecamatan sekitar wilayah operasional di Provinsi NTB. Tak hanya itu, perusahaan juga kini terus menggencarkan vaksinasi booster tahap 2 untuk meminimalisir dampak pasca pandemi.

Sejak awal pandemi COVID-19, sambung Rachmat, AMNT pun telah berkolaborasi dengan Gugus Tugas COVID-19 Pemerintah Provinsi NTB untuk mendukung penyediaan alat-alat pelindung diri, obat-obatan, serta oksigen konsentrator.

"Upaya ini juga sekaligus membantu menggerakkan usaha kecil dan menengah yang kesulitan akibat pandemi COVID-19. Sebagai bagian dari standar protokol COVID-19 yang diterapkan perusahaan," imbuhnya.

97