Home Olahraga Timnas Indonesia Masuk Grup A Sepak Bola SEA Games 2023

Timnas Indonesia Masuk Grup A Sepak Bola SEA Games 2023

Jakarta, Gatra.com - Timnas Indonesia akan bergabung dalam Grup A SEA Games 2023 cabang olaraga sepak bola putra. Dalam undian yang dilakukan Rabu (5/4), Indonesia dipastikan bergabung bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengungkapkan bahwa skuad Merah Putih sudah siap tempur dalam mengarungi laga Grup A yang akan berlangsung mulai 5 Mei 2023. Untuk melengkapi skuad Timnas SEA Games, sejumlah pemain yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 juga dipanggil.

"Kami juga memanggil sejumlah pemain tim U-20 untuk mengikuti pemusatan latihan tim U-22. Setelah melihat hasil drawing, saya selalu bicara dengan pemain, siapa pun lawannya kita harus tetap fokus, tetap waspada, dan kerja keras untuk bisa menjadi yang terbaik," kata Indra Sjafri dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (5/4).

Saat ini, Ketua PSSI Erick Thohir sedang berjuang keras agar ancaman sanksi FIFA pada Indonesia dapat dihindari seminimal mungkin. PSSI berharap dinamika seputar Piala Dunia U-20 tidak mempengaruhi keikutsertaan Indonesia pada ajang lain, seperti SEA Games.

"PSSI hingga kini terus menjalani komunikasi dengan FIFA. Harapan kita bersama agar kita bisa tampil di SEA Games untuk merebut emas yang terakhir kali diraih pada SEA Games 1991 Manila," kata Erick.

Diberitakan Gatra sebelumnya, Menpora Dito Ariotedjo turut mengomentari terkait sanksi yang bisa saja dijatuhkan ke Indonesia. Menpora mengaku, harapannya masih sama dengan kebanyakan masyarakat lainnya.

"Intinya, kita insan pecinta olahraga, khususnya sepakbola kita doa bersama saja. Saya sih optimis, insyaallah," ucap Dito setelah meninjau langsung sesi latihan kontingen renang asuhan PB PRSI.

Namun, Menpora mengaku belum bisa memberikan pendapat lebih lanjut terkait sanksi yang mungkin diterima Indonesia. Setekah sebelumnya FIFA membatalkan posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia untuk U-20.

213