Home Gaya Hidup Keutamaan dan Manfaat Salat Tarawih

Keutamaan dan Manfaat Salat Tarawih

Jakarta, Gatra.com - Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan sudah banyak dijelaskan dalam beberapa hadis Rasulullah Saw, salah satunya yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim.

"Barangsiapa mengerjakan sholat malam di bulan Ramadan (salat tarawih) karena keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampunkanlah dosa-dosanya yang telah lalu."

Keutamaan salat tarawih akan dilipatgandakan pahalanya, terutama bila dilakukan berjamaah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW tentang keutamaan sholat tarawih berjamaah. "Sesungguhnya seseorang jika sholat tarawih bersama imam sampai salam, maka dihitung pahalanya sholat satu malam suntuk." (HR. Abu Daud)

Lalu apa manfaat dan keutamaan shalat tarawih? Berikut pembahasannya.

1.Hapus Dosa di Masa Lalu

Salat tarawih dapat menggugurkan dosa masa laluTidak bisa disangkal bahwa puasa tanpa shalat tarawih bagaikan makanan yang hambar. Tidak seperti iklan barang mainan yang dijual terpisah, puasa dan tarawih merupakan 1 paket yang tidak bisa dipisahkan. Rasulullah SAW bersabda:

Man shoma romadhona imanan wahtisaban, ghufirolahu ma taqoddama min dzanbih

Artinya:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA).

2. Meramaikan Masjid

Salat tarawih membuat suasana masjid menjadi hikmat dan tenang. Orang yang melakukan salat tarawih berjamaah berpahala sebanyak 27 derajat. Seperti hadits Rasulullah SAW berikut ini:

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Salat berjemaah lebih utama dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari).

3. Pahala Seperti Salat Qiyamul Lail Semalam Penuh

Keutamaan salat tarawih selanjutnya yaitu berpahala seperti sholat semalam penuh serta dianjurkan untuk dilakukan berjamaah meskipun di rumah. Hal ini seperti sabda Nabi Muhammad SAW:

“Siapa yang salat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”

Ramadan adalah tempat untuk menimba pahala sebanyak-banyaknya. Saat rutin melaksanakan sholat tarawih, maka pahalanya setara seperti Anda melakukan qiyamul lail semalam suntuk.

4. Mempererat Tali Silaturrahmi Sesama Muslim

Datang ke masjid untuk melaksanakan sholat tarawih ini seperti mempererat tali silaturrahmi dengan sesama muslim. Saat sholat tarawih berjamaah, hati rasanya menjadi tenang dan khusyuk. Sambil tetap mempratikkan protokol kesehatan, sholat tarawih berjamaah di masjid menjadi aman. Lalu, dengarkan ceramah baik-baik supaya silaturrahmi tidak hanya bernilai kelakar, tetapi ibadah. 

1517