Home Pendidikan UIN Walisongo Buka Penjaringan Bakal Rektor Periode 2023-2027

UIN Walisongo Buka Penjaringan Bakal Rektor Periode 2023-2027

Semarang, Gatra.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang secara resmi membuka penjaringan bakal calon Rektor untuk masa jabatan 2023-2027. Proses pendaftaran bakal calon rektor akan dimulai pada tanggal 17 April 2023 sampai 4 Mei 2023.

Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor UIN Walisongo Semarang Dr. Achmad Arief Budiman, M.Ag., didampingi Sekretaris Muhammad Sirojuddir Munir, M.M menjelaskan bahwa penjaringan bakal calon dilakukan karena masa jabatan rektor akan selesai pada bulan Juli mendatang.

“Sesuai dengan regulasi yang berlaku, maka dibentuklah panitia untuk melakukan penjaringan bakal calon Rektor untuk masa periode 2023-2027,” ujar Arief, Selasa (11/4).

Baca Juga: Dies Natalis ke-53 UIN Walisongo, Overview Potensi untuk Karya Nyata

Menurut Arief, siapa saja yang mempunyai kualifikasi yang ditentukan dipersilahkan untuk mendaftar sebagai bakal calon Rektor UIN Walisongo. “Secara umum, persyaratan sebagai bakal calon rektor terbagi menjadi persyaratan umum dan persyaratan khusus,” sebutnya.

Persyaratan umum meliputi Pegawai Negeri Sipil yang memiliki pengalaman jabatan sebagai Dosen; Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berusia paling tinggi 60 (enam puluh) tahun pada saat berakhirnya masa jabatan Rektor yang sedang menjabat (tanggal 23 Juli 2023).

Termauk, memiliki pengalaman manajerial pada perguruan tinggi paling rendah sebagai Ketua Jurusan atau sebutan lain paling singkat 2 (dua) tahun.

Selain itu, juga mensyaratkan untuk menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Juga tidak sedang dipidana berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap,” terangnya.

Baca Juga: 75.362 Siswa Lulus SPAN-PTKIN 2023, Ini 10 Kampus Paling Diminati

Mereka yang siap, katanya, harus mencalonkan diri menjadi Rektor secara tertulis. Kemudian, menyerahkan pernyataan tertulis meliputi: 1) Visi dan misi kepemimpinan; dan 2) Program peningkatan mutu perguruan tinggi.

Sementara persyaratan khusus adalah Lulusan program Doktor (S3); dan memiliki jabatan fungsional Profesor.

“Pengumpulan berkas bakal calon dapat diserahkan secara langsung di sekretariat panitia di Ruang Sekretariat PPID, Gedung Syekh Nawawi Al Bantani, Kampus 3 atau melalui pos. Pendaftaran paling lambat diterima pada tanggal 4 Mei 2023," bebernya.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran beserta lampiran-lampiran formulir pelengkap dapat diperoleh melalui laman https://walisongo.ac.id.

314