Home Gaya Hidup Pelindo Berangkatkan 200 Pemudik Tujuan Ambon dan Sorong

Pelindo Berangkatkan 200 Pemudik Tujuan Ambon dan Sorong

Jakarta, Gatra.com - Sebanyak 200 pemudik diberangkatkan dengan menggunakan kapal laut KM Ciremai dari Terminal Penumpang Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dengan tujuan Makassar, Ambon, dan Sorong. Ratusan pemudik itu merupakan peserta rombongan pertama Program ‘Mudik Aman Berkesan’ bersama BUMN dan Pelindo Grup.

Pada tahun ini, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Group memberangkatkan sekitar 600 peserta Program ‘Mudik Aman Berkesan’ menggunakan moda transportasi laut. Titik keberangkatan tersebar di 4 kota, yakni Tanjung Priok, Jakarta, lalu Batam, Dumai, dan Makassar. Sedangkan kota tujuannya antara lain Makassar, Ambon, Sorong, Belawan, Dumai, Surabaya, Semarang, dan Namlea. Para pemudik tersebut diberangkatkan dengan menggunakan 4 kapal laut.

Irwan Harnoto, 27 tahun, salah seorang peserta mudik mengaku sangat terbantu dengan adanya program mudik gratis ini. Irwan yang merupakan warga Mampang Prapatan, Jakarta Selatan ini akan bertolak dari Jakarta dengan tujuan Makassar bersama 3 anggota keluarganya untuk berlebaran di kampung halaman.

Hal serupa juga diungkapkan Musa Tatisina, 53 tahun, warga Cilincing, Jakarta Utara. Musa berangkat menuju Kota Ambon bersama isteri dan lima anaknya.

“Saya bersyukur sekali dengan adanya program mudik gratis ini. Membantu sekali. Begitu mendengar kabar ada program ‘Mudik Aman Berkesan’ Pelindo Group, saya langsung mendaftar. Ini untuk pertama kalinya saya ikut dalam program mudik gratis,” ujar Musa dalam keterangan yang diterima, Rabu (12/4/2023).

Musa mengungkapkan, tidak setiap tahun dia dan keluarganya bisa berlebaran di kampung halaman. “Harga tiketnya kan lumayan. Dari Jakarta tujuan Ambon, harga tiket kapal laut sekitar Rp. 630 ribu. Kalikan saja 7 orang. Itu baru sekali jalan,” kata Musa.

Sementara itu, untuk mudik yang menggunakan moda transportasi bus, Pelindo Group memfasilitasi sekitar 3.650 pemudik ke berbagai kota tujuan di Jawa dan Sumatera. Mereka tidak hanya difasilitasi keberangkatannya saja, tapi juga kepulangan dari kota tujuan untuk kembali ke Jakarta.

“Bagi pemudik yang menggunakan bus, Pelindo Group memfasilitasi sekitar 7,300 kursi bus gratis, untuk mudik dan balik. Rencananya para pemudik yang menggunakan bus akan diberangkatkan secara serentak pada tanggal 17 April 2023, dari Terminal Eks JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok,” kata Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Ali Mulyono.

Selain itu, Pelindo juga berpartisipasi dalam Program Mudik bersama BUMN tahun ini yang mengusung tema ‘Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023’. Program Mudik bersama BUMN ini menggunakan ratusan kendaraan bus. Sebanyak 82 BUMN ambil bagian dalam program ini.

Rencananya, sebanyak 50 ribu pemudik akan diberangkatkan bersamaan menggunakan bus dari Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, ke berbagai kota tujuan di Jawa dan Sumatera, pada Selasa pekan depan (18/4).

25