Home Regional Puluhan Kiai se-Pati Lantang Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

Puluhan Kiai se-Pati Lantang Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

Pati, Gatra.com - Sebanyak puluhan kiai di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menyatakan dukungannya kepada Gubernur Ganjar Pranowo menjadi calon presiden dalam Pemilu 2024 mendatang.

Deklarasi dari Forum Kiai Kampung (FKK) Kabupaten Pati itu, dipusatkan di Pondok Pesantren Tahfidh Darul Hikmah, Desa Kertomulyo, Kecamatan Trangkil, Kamis (13/4) petang.

Sekretaris FKK Pati, Kyai Esmanto mengatakan, puluhan kiai dan ustaz di penjuru kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024.

"Dan hari kita berkumpul untuk mendukung Bapak Ganjar Pranowo untuk kontestasi di 2024 nanti. Bisa melanjutkan kepemimpinan Pak Jokowi. Karena selama ini sinergi antara pemerintah dan kiai sudah berjalan baik," ujarnya.

Deklarasi dan doa bersama kali ini, lanjutnya, merupakan rangkaian kegiatan sebagai bentuk sosialisasi ke daerah-daerah. Dukungan tersebut hadir lantaran beragamnya perhatian dan inovasi Ganjar untuk kalangan santri.

"Kita melihat Pak Ganjar itu adalah sosok merakyat, orang yang baik serta nyata memberikan kesejahteraan kepada kaum santri. Contohnya adalah pak Ganjar itu selalu memberikan bantuan kepada santri khususnya di wilayah Jawa Tengah," terangnya.

Pernyataan itu dikuatkan oleh Ketua Forum Kiai Kampung Pati, KH Usman Al Hafidh. Menurutnya, para kiai di Pati sangat antusias dalam menyukseskan pembentukan FKK Pati.

"Dengan dukungan dan posisi para kiai ini di lingkungan masing-masing, akan turut mempertahankan sistem pemerintahan yang sudah baik ini. Sehingga akan terwujud negara yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur," harapnya.

Tidak kurang dari 63 kiai yang turut hadir dalam acara kali ini. Karena acara yang juga pembentukan pengurus FKK Pati melibatkan tiga kiai perkecamatan. Selanjutnya, perdesa minimal akan ada perwakilan tiga kiai.

Selain dihadiri Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro dan para guru ngaji dari seluruh Bumi Mina Tani ini, hadir pula pengurus Ormas Puser Bumi dari Jawa Tengah dan Pati. Yang sebelumnya telah mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI.

149