Home Ekonomi Unilever Catat Penjualan Bersih Rp 10,6 Triliun di Kuartal I 2023

Unilever Catat Penjualan Bersih Rp 10,6 Triliun di Kuartal I 2023

Tangerang, Gatra.com– PT Unilever Indonesia, Tbk melaporkan penjualan bersih sebesar Rp 10,6 triliun dalam kinerja keuangannya (tidak diaudit) untuk kuartal pertama 2023. Selain itu, berhasil meningkatkan pangsa pasarnya dalam tiga bulan terakhir, dimana sebagian besar kategori produknya secara efektif meraih share yang lebih baik di tengah ketatnya persaingan.

Perseroan juga membukukan laba bersih sebesar Rp 1,4 triliun dan mencatatkan peningkatan gross margin dibandingkan tahun lalu. Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Ira Noviarti menegaskan bahwa catatan penting kinerja kuartal 1 2023 mencakup fundamental yang lebih kuat di jalur General Trade (GT) dan Modern Trade (MT).

Juga core brands yang menawarkan manfaat yang lebih unggul; portofolio yang solid di semua segmen; dan peningkatan daya saing di MT. “Meskipun prospek makro menunjukkan tanda-tanda yang menggembirakan, kami melihat bahwa pertumbuhan pasar melambat pada kuartal pertama 2023 dibandingkan dengan kuartal ketiga dan keempat tahun 2022," katanya dalam konferensi pers virtualnya, Rabu (19/4).

Hal yang menjadi kunci adalah memastikan bahwa perusahaan bergerak ke arah yang tepat. "Pangsa pasar kami yang meningkat merupakan indikator yang menjanjikan, bahwa kelima prioritas strategis Perusahaan adalah langkah yang tepat untuk mendorong daya saing dan mengamankan pertumbuhan jangka panjang. Profitabilitas kami pada kuartal pertama tahun ini juga meningkat dibandingkan kuartal tiga dan empat tahun lalu,” papar Ira.

Untuk memperkuat dan membuka potensi penuh dari brand-brand intinya, Perseroran terus fokus menjalankan program pengembangan pasar yang berani dan melahirkan inovasi yang berdampak. Produk-produk inti  menawarkan manfaat yang unggul, serta didukung oleh komunikasi yang lebih kuat dan lebih baik melalui investasi media yang terus meningkat.

Perusahaan juga mengoptimalkan momentum hari raya dalam mendorong lebih banyak pengguna dan frekuensi penggunaan. Ira menyatakan keyakinan atas kemampuan Perseroan untuk mempertahankan pertumbuhan yang kompetitif di kuartal-kuartal mendatang.

“Kami sangat optimis menghadapi sisa tahun 2023 dan seterusnya. Tantangan pasti akan ada, tetapi kami siap dengan visi dan strategi yang jelas untuk mendorong pertumbuhan yang kompetitif, menguntungkan, konsisten, dan bertanggung jawab," tegas dia.

 

55