Home Nasional KAI Prediksi Arus Balik Lebaran Masih Akan Terjadi Hingga 3 Mei 2023

KAI Prediksi Arus Balik Lebaran Masih Akan Terjadi Hingga 3 Mei 2023

Jakarta, Gatra.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat peningkatan volume penumpang yang turun di area Daop 1 Jakarta sudah terjadi sejak tanggal 24 April 2023. Di mana rata-rata volume penumpang yang datang sekitar 40 ribu hingga 44 ribu pengguna jasa.

“Hari ini pada Selasa 2 Mei 2023 jumlah penumpang turun masih tinggi yakni sekitar 43 ribu, dari jumlah tersebut 17 ribu penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 15 ribu penumpang di Stasiun Gambir,” ujar Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangan resminya, Selasa (2/5).

Lebih lanjut Eva menjelaskan, para penumpang tidak hanya turun di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Namun sejumlah penumpang juga turun di stasiun lain seperti Jakarta Kota, Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Baca juga: Arus Balik Telah Tiba, Pemudik Kereta Api di Daop 1 Jakarta Melonjak Dua Kali Lipat

Adapun puncak arus balik dengan volume tertinggi berkisar di angka 45 ribu terjadi pada 1 Mei 2023 dan pada tanggal 26-30 April juga tercatat pada peningkatan volume yang sangat tinggi dengan jumlah mencapai sekitar 44 ribu per hari.

Secara total selama kurun waktu sembilan hari pascalebaran yakni mulai 24 April-2 Mei 2023 terdapat sekitar 393.600 penumpang turun di area Daop 1 Jakarta. Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.

“Secara keseluruhan situasi arus balik terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung aman dan selamat,” tegas Eva.

Dari jumlah sekitar 393.600 penumpang yang turun selama sembilan hari tersebut, sekitar 153.358 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen,  136.360 penumpang turun di Stasiun Gambir, 37.900 penumpang di Stasiun Bekasi, 38.700 penumpang di Stasiun Jatinegara.

Baca juga: Hingga Hari Ketiga Lebaran, 2,67 Juta Tiket Kereta Api Jarak Jauh Terjual

Berdasarkan data yang dimiliki oleh KAI Daop 1 Jakarta peningkatan volume pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta masih akan terjadi hingga tanggal 3 Mei 2023 di mana sekitar 37 ribu penumpang terdata telah melakukan pemesanan tiket.

Sebelumnya KAI Daop 1 Jakarta juga telah melakukan sejumlah persiapan untuk moment arus balik, diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barangnya pada area tertentu yang dapat mengganggu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun.

60