Home Nasional Blusukan ke Yonmek 512/QY, KASAD Dudung Tekankan Sinergitas TNI-Polri

Blusukan ke Yonmek 512/QY, KASAD Dudung Tekankan Sinergitas TNI-Polri

Malang, Gatra.com – Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman turut menyoroti sinergitas antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Hal tersebut menyikapi sejumlah isu dan laporan yang berkembang di masyarakat terhadap adanya gesekan antara oknum personel TNI dan Polri.

Alumnus Akademi Militer (Akmil) 1988 tersebut menekankan kepada prajurit untuk selalu menjaga kekompakan. Pesan tersebut disampikan Jenderal Dudung saat meninjau Batalyon Infanteri Mekanis 512/Quratara Yudha atau Yonmek 512/Semut Hitam, di kawasan Kesatrian, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, pada Rabu, 3 Mei 2023.

Jenderal Dudung mengatakan, sinergitas TNI-Polri harus terus dijaga agar tidak ada celah bagi pihak-pihak yang berupaya memecah belah dan memanfaatkan situasi. “Sinergi dan soliditas TNI-Polri harus terus dijaga semua unsur. Terutama para pimpinan harus dapat menjalin komunikasi yang baik dan menyampaikan ke anggotanya,” ujarnya.

Dudung turut menekankan sejumlah hal yang patut dipedomani seluruh prajurit. Di antaranya keberhasilan seorang prajurit dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya menjalin hubungan baik dan bekerja sama dengan berbagai pihak.

Sinergi dengan berbagai komponen bangsa, lanjut Dudung, akan membantu keberhasilan tugas. Selain itu, Jenderal Dudung mengingatkan kepada seluruh prajurit untuk tidak mudah terprovokasi oleh isi-isu yang berpotensi memecah belah soliditas dan sinergi antarinstansi. "Tidak ada celah bagi pihak-pihak yang berupaya memanfaatkan situasi untuk memecah belah kita," tegasnya.

Selain itu, mantan Pangdam Jaya itu mengatakan bahwa peran keluarga sangat penting dalam mendukung prajurit menjalankan tugas negara. Ia mencontohkan, dukungan semangat istri berupa kata-kata santun, senyum kebahagiaan serta doa menjadi penolong dan penunjang tugas di lapangan.

Jenderal Dudung juga mengingatkan kepada para prajurit bahwa faktor keamanan di markas maupun di daerah penugasan merupakan prioritas dalam setiap pelaksanaan tugas. Tidak lupa ia meminta para prajurit bisa menjalankan tugas dengan baik.

"Mari kita laksanakan tugas dengan baik, jaga faktor keamanan dan jaga nama baik satuan, jaga nama baik TNI Angkatan Darat dan jaga nama baik dirimu dan keluargamu," ucapnya.

Setelah memberikan pengarahan, KASAD yang juga didampingi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, Aslog Kasad, Asrena Kasad dan Danrem 084/BJ meninjau alat dan perlengkapan yang dimiliki Yonif 512/QY.

Sebelumnya, Jenderal Dudung memimpin Wisuda 59 Mahasiswa Program Diploma 4 Angkatan IV Poltekad Kodiklatad dan meresmikan logo dan memberikan santunan di Yayasan Disabilitas Kartika Mutiara di Kabupaten Malang.

85