Home Milenial Menlu Australia Umumkan Pemenang Penghargaan Jurnalisme Elizabeth O’Neill 2023

Menlu Australia Umumkan Pemenang Penghargaan Jurnalisme Elizabeth O’Neill 2023

Canberra, Gatra.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia, Penny Wong secara resmi mengumumkan penerima penghargaan Elizabeth O'Neill Journalism Award 2023 di Canberra, Australia, pada Kamis, 11 Mei 2023. Mereka yang menyabet penghargaan bergengsi di bidang jurnalistik ini antara lain Sarah Dingle dari Australia dan Yunita Tandililing dari Indonesia.

Sarah merupakan Reporter Senior untuk program Radio National Breakfast di Australian Broadcasting Corporation (ABC) dan telah dua kali memenangkan Walkley Award. Sementara itu, Yunita merupakan Produser Utama di Kompas TV dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di media penyiaran.

Sebagai bagian dari penghargaan ini Sarah akan berkunjung ke Indonesia selama dua minggu, dan begitu pula Yunita akan berkunjung ke Australia. Keduanya akan mengikuti serangkaian kegiatan khusus untuk memperdalam pemahaman mereka mengenai isu-isu kontemporer di masing-masing negara.

Penghargaan Jurnalisme Elizabeth O'Neill merupakan sebuah inisiatif dari Australia-Indonesia Institute, yang membina hubungan antara Australia dan Indonesia dengan meningkatkan kesadaran budaya, kerja sama, dan saling memahami.

Penghargaan ini mengenang karir gemilang Elizabeth O’Neill OAM, yang gugur di Indonesia dalam tugas Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia pada 7 Maret 2007.

Program penghargaan ini melanjutkan warisan Elizabeth yang antusias membina saling pengertian yang lebih baik antara warga Australia dan Indonesia melalui peliputan media yang penuh pemahaman.

Penghargaan ini terbuka bagi jurnalis berprestasi dari media cetak, radio, televisi, dan daring di seluruh Australia dan Indonesia.

135