Home Regional Polda Jateng Siapkan 40 Personel Ikut Pelatihan Pengamanan VIP Pemilu 2024

Polda Jateng Siapkan 40 Personel Ikut Pelatihan Pengamanan VIP Pemilu 2024

Semarang, Gatra.com - Polda Jawa Tengah (Jateng) mengerahkan sebanyak 40 personel mengikuti pelatihan pengamanan VIP mempersiapkan pelaksanaan pemilu 2024.

Wakapoda Jateng, Brigjen Pol Abioso Seno Aji menyatakan 40 personel itu terpilih dari sebanyak 102 personel Polri, yang mendaftar setelah menjalani seleksi secara ketat antara lain psikologi, sesamaptaan jasmani, dan kemampuan menembak.

“40 personel ini nanti akan mewakili Polda Jateng untuk mensukseskan jalannya proses pemilu 2024. Tugas dan tanggung jawab yang diemban bukanlah ringan,” katanya saat memimpin upacara pembukaan pelatihan pengamanan VIP pemilu serentak 2024 di Mako Satbrimob Polda Jateng Srondol, Kota Semarang, Senin (15/5).

Membacakan amanat Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Abioso menyatakan tujuan dari pelatihan untuk menyamakan persepsi, cara bertindak dan prosedur secara teknik dan taktik dalam pelaksanaan pengamanan VIP Pemilu.

Baca Juga: Polda Jateng Siagakan 4.390 Personel Amankan Hari Buruh Internasional

Materi pelatihan akan diberikan oleh para instruktur dan pelatih dari Satbrimob Polda Jateng dengan waktu pelatihan selama 1 minggu.

Wakapolda Jateng berpesan agar seluruh peserta memahami semua ilmu, informasi, petunjuk dan arahan yang diberikan sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas pengamanan VIP.

“Saudara akan diberikan bekal pengetahuan dan keterampilan diantaranya teori, praktek dan aplikasi lapangan agar mampu memahami tupoksi, peran dan cara bertindak di lapangan, sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan sesuai SOP,” ujar Abioso.

Baca Juga: Amankan Pendaftaran Bacaleg Parpol, Polda Jateng Terjunkan Ribuan Personel

Kepada seluruh instruktur, pelatih dan peserta pelatihan, Wakapolda Jateng mengingatkan agar menanamkan kebanggaan dalam jiwa masing-masing atas terpilihnya dalam kegiatan pelatihan pengamanan VIP pemilu serentak 2024.

“Perintah ini adalah sebuah kehormatan yang apabila dilaksanakan dengan baik akan menjadi sejarah berharga dalam perjalanan hidup Anda,” katanya.

Wakapolda Jateng juga berharap melalui upaya cooling system yang dilakukan, Polri dapat mengajak masyarakat berpartisipasi dan bekerja sama dalam pelihara kamtibmas, sehingga Pemilu serentak 2024 dapat berlangsung dengan aman lancar dan demokratis.

“Polda Jateng hadir dan siap untuk mendukung dan mengamankan setiap tahapan Pemilu 2024,” ujarnya.

52