Home Gaya Hidup Seni Instalasi Lego di Pameran Lego Nusantara Artina.Sarinah

Seni Instalasi Lego di Pameran Lego Nusantara Artina.Sarinah

Jakarta, Gatra.com - Klub Lego Indonesia dan artina.sarinah berkolaborasi menampilkan Pameran Lego Nusantara. Pameran diadakan selama dua pekan sejak 17 Mei 2023 hingga 31 Mei 2023. Sejumlah artisan dari Klub Lego Indonesia menampilkan instalasi karya seni tematik yang terbuat dari Lego.

Morine Rociana, Direktur Utama Mojisa Creative selaku penyelenggara artina, menyampaikan bahwa melalui kolaborasi ini pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk menikmati karya seni dan budaya Indonesia dengan pendekatan dan pengalaman yang berbeda. Harapannya, pameran ini bisa menjadi lebih menyenangkan, khususnya bagi kalangan anak-anak, remaja, dan pemuda.

“Lima instalasi karya seni tematik dari Lego ini dapat dilihat bersamaan dengan beragam karya seni lainnya dalam pameran artina.sarinah sesi kedua yang mengusung tema matrajiva. Dan, ini merupakan yang pertama kalinya instalasi karya seni LEGO dipamerkan bersanding dengan karya seni seniman-seniman Indonesia,” ucap Morine, Jumat (19/5).

Karya Peta Indonesia di Pameran Lego Nusantara artina.sarinah (Gatra/Hidayat Adhiningrat P.)
Karya Peta Indonesia di Pameran Lego Nusantara artina.sarinah (Gatra/Hidayat Adhiningrat P.)

Di antara lima karya yang ditampilkan ada Diorama Candi Prambanan yang terbuat dari 22.000 komponen Lego, karya kolektor Subagyo Wirjantoro. Lalu, ada juga Mosaik Lentikular Proklamator Soekarno-Hatta dari LEGO, karya artisan Kendy Kusumo yang dibuat dari 10.300 komponen Lego.

Baca Juga: Ragam Ekspresi Artistik Matrajiva di artina.sarinah Jilid Dua

Handi William, Anggota Klub Lego Indonesia, mengatakan bahwa menampilkan instalasi karya seni dari lego di pameran seni merupakan pengalaman baru bagi mereka. Selama ini lego hanya dikenal sebagai mainan yang dapat mengasah kreativitas dan kemampuan untuk merakit, namun melalui kolaborasi ini dapat terlihat sisi lain dari lego, yakni sebagai sebuah karya seni.

“Kedepannya kami berharap dapat membuat karya seni yang lebih beragam dalam mengangkat seni dan budaya Indonesia,” kata Handi.

Pameran LEGO Nusantara dapat dilihat di artina.Sarinah pada jam 10.00 - 22.00. Selama periode pameran, publik juga dapat mengikuti sejumlah program seperti kuratorial tur, gelar wicara seniman, dan lokakarya.

609