Home Regional Didominasi Lansia, 886 Calon Jamaah Haji Asal Kendal Dibagi 3 Kloter

Didominasi Lansia, 886 Calon Jamaah Haji Asal Kendal Dibagi 3 Kloter

Kendal, Gatra.com - Calon jamaah haji asal Kabupaten Kendal didominasi oleh lanjut usia (lansia). Dari 886 calon jamaah haji, ada 635 orang yang sudah berusia lanjut.
Para jamaah haji asal Kabupaten Kendal ini terbagi dalam 3 kelompok terbang (kloter). Mereka masuk dalam kloter 13, 14 dan 15.

Kepala Kemenag Kendal, H Mahrus membeberkan, calon jamaah haji Kabupaten Kendal kloter 13 akan diberangkatkan pada tanggal 27 Mei 2023, sedangkan CJH di kloter 14 dan 15 akan diberangkatkan pada hari berikutnya yakni, tanggal 28 Mei 2023.

Dikatakan, seiring bertambahnya kuota di tingkat nasional, kuota di tingkat Kendal juga mengalami peningkatan. 

"Kabupaten Kendal mendapat tambahan kuota 39. Namun dari jumlah itu baru ada 9 orang yang melakukan pelunasan biaya haji," kata Mahrus saat acara pelepasan haji, di Pendopo Kendal, Jumat (19/05/2023).

Calon jamaah haji tersebut masuk dalam kuota cadangan dan akan berangkat ke Tanah Suci setelah pemberangkatan gelombang pertama.
Mahrus membenarkan jika lansia mendominasi jumlah calon jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini.

Calon jamaah haji tertua tersebut bernama Dudi asal Desa Kali Tumpang, Patean, Kendal. Dudi sudah berusia 97 tahun. Sedangkan yang paling muda bernama Zahra Novita Sari, asal Desa Protomulyo, Kaliwungu Selatan, berusia 19 tahun.

Sementara, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan bahwa, Pemkab Kendal melalui petugas haji, akan terus memantau para calon jamaah haji mulai dari pemberangkatan hingga kepulangannya.

"Kita berpesan kepada para calon jamaah haji untuk bisa beribadah dengan tulus dan ikhlas. Semoga mereka yang diberangkatkan ini diberi keselamatan mulai dari berangkat hingga pulangnya nanti dan bisa menjadi haji mabrur," ujarnya.

Dico menyampaikan, karena banyaknya calon jamaah haji dari Kendal yang berusia lanjut, dirinya meminta kepada calon jamaah haji lain yang usianya masih muda, untuk bisa membantu ikut mengawal, agar yang sudah lanjut usia itu bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusuk.

"Ada 176 PNS di Kendal yang juga ikut berangkat haji di gelombang pertama. Jadi saya juga minta kepada 176 PNS ini untuk ikut menjaga dan mengawal para CJH dari kendal yang sudah lanjut usia," pungkasnya.

 

54