Home Olahraga Indonesia Optimis Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 Tahun 2024

Indonesia Optimis Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 Tahun 2024

Jakarta, Gatra.com - Tim U-23 Indonesia tergabung di Grup K dalam undian grup kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (25/5). Indonesia didapuk sebagai tuan rumah Grup K dan akan menjamu Turkmenistan dan Chinese Taipei pada 4-12 September mendatang.

Pelatih tim U-23, Indra Sjafri bersyukur Indonesia tergabung bersama Turkmenistan dan Chinese Taipei.

“Alhamdulillah barusan selesai mengikuti drawing Kualifikasi Piala Asia U-23, di mana kita sebagai tuan rumah grup K. Kami satu grup dengan Turkmenistan dan Chinese Taipei,” kata Indra Sjafri yang tengah menjalankan ibadah umroh di Arab Saudi.

“Setelah selesai drawing, dari hotel saya langsung ke Masjid Nabawi untuk sholat meminta Indonesia bisa lolos ke putaran final di Qatar 2024 dan tentu Insya Allah, berprestasi di tingkat Asia nantinya. Dalam waktu dekat saya akan berdiskusi dengan semua asisten pelatih untuk mencari tahu kekuatan tim lawan,” tambah pelatih yang sukses membawa Indonesia juara di SEA Games 2023, AFF U-19 2023, dan AFF U-22 2019 tersebut.

Baca Juga: Shin Tae-yong Pilih 23 Pemain Jelang Piala Asia U-20

Sementara Ketua Umum PSSI Erick Thohir optimistis timnas Merah Putih mencapai hasil terbaik di Kualifikasi Grup Piala Asia U-23 yang akan bergulir September mendatang.

"Hasil undian grup kita berisi tiga negara bersama Turkmenistan dan Chinese Taipei. Karena peta persaingan sepakbola di Asia saat ini berimbang, terutama di kelompok umur, maka siapapun lawan persiapan kita harus semaksimal. Saya optimistis atmosfer sepakbola Indonesia yang sedang baik usai meraih emas SEA Games akan memberikan energi positif untuk meraih hasil terbaik sehingga bisa lolos ke putaran final," kata Erick Thohir.

Bertindak sebagai tuan rumah di babak kualifikasi, Erick percaya bahwa Indonesia mampu memaksimalkan hal tersebut. 

"Jika di Piala Asia U-23 sebelumnya, kita tidak lolos, maka cukup realistis jika kali ini targetnya meraih tiket ke putaran final. Status tuan rumah harus benar-benar kita manfaatkan. Saya berharap, penggemar akan membanjiri stadion dan memberikan dukungan maksimal saat timnas main di kandang." lanjut Erick.

Putaran final Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024. Qatar sebagai tuan rumah telah dipastikan lolos meski memutuskan tetap tampil di babak kualifikasi.

Babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024 akan diikuti 43 tim dan memperebutkan 16 posisi di putaran final. Dengan rincian sebelas juara grup dan empat runner-up terbaik yang dinyatakan lolos. Piala Asia U-23 ini juga menjadi babak kualifikasi untuk Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Selain Indonesia, sepuluh tim lainnya ditunjuk AFC sebagai tuan rumah penyelenggara Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 ialah Bahrain, Tiongkok, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam.

Hingga saat ini, Indonesia belum pernah bermain di putaran final Piala Asia U-23. Dalam edisi terakhir Piala Asia U-23 pada 2022, tim U-23 gagal lolos ke putaran final. Garuda Muda kalah dengan skor, 2-3 dan 0-1 dari Australia U-23 dalam dua kali pertemuan. 

Pengunduran diri Tiongkok U-23 dan Brunei Darussalam U-23 di Grup G pada babak kualifikasi itu juga memengaruhi nasib timnas U-23, sehingga dari grup itu hanya meloloskan Australia ke putaran final.

Hasil Drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2024:

Grup A: Yordania, Suriah, Oman, Brunei Darussalam

Grup B: Korea Selatan, Myanmar, Kirgistan, Qatar

Grup C: Vietnam, Singapura, Yaman, Guam

Grup D: Jepang, Bahrain, Palestina, Pakistan

Grup E: Uzbekistan, Iran, Hong Kong, Afghanistan

Grup F: Irak, Kuwait, Timor Leste, Makau

Grup G: Uni Emirat Arab, India, Maladewa, China

Grup H: Thailand, Malaysia, Bangladesh, Filipina

Grup I: Australia, Tajikistan, Laos, Korea Utara

Grup J: Arab Saudi, Kamboja, Lebanon, Mongolia

Grup K: Turkmenistan, Indonesia, Chinese Taipei.

70

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR