Home Ekonomi BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Tumbuh 2,7 Persen Pada 2023

BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Tumbuh 2,7 Persen Pada 2023

Jakarta, Gatra.com - Bank Indonesia proyeksikan pertumbuhan ekonomi global tumbuh sebesar 2,7% secara year on year (yoy). Perkiraan tersebut lebih tinggi dibanding dengan perkiraan semula.

"Pertumbuhan ekonomi global 2023 diperkirakan mencapai 2,7 persen (yoy), ditopang oleh pertumbuhan ekonomi negara berkembang yang lebih kuat," kata Direktur Eksekutif, Departemen Komunikasi (BI) Erwin Haryono dalam keterangan resmi yang diterima Gatra pada Jumat (26/5/2023).

Seperti, kata Erwin ekonomi Tiongkok tumbuh lebih baik didorong oleh pembukaan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Prospek ekonomi India juga meningkat didukung oleh permintaan domestik yang kuat.

Sementara itu, pemulihan ekonomi negara maju, terutama Amerika Serikat (AS) tertahan sejalan dengan dampak kebijakan moneter ketat dan peningkatan risiko stabilitas sistem keuangan (SSK).

"Penurunan inflasi global berlanjut terutama dipengaruhi oleh proses disinflasi negara berkembang yang lebih cepat sedangkan penurunan inflasi negara maju lebih lambat akibat pasar tenaga kerja yang ketat," kata Erwin.

Ketidakpastian pasar keuangan global tersebut menurut Erwin, tetap tinggi yang dipengaruhi oleh dampak risiko SSK di negara maju dan juga ketidakpastian penyelesaian permasalahan government debt ceiling di AS.

Di tengah ketidakpastian pasar keuangan global tersebut, aliran masuk modal asing ke negara berkembang berlanjut seiring dengan kondisi dan prospek perekonomiannya yang lebih baik.

33