Home Ekonomi Berniat Investasi di IKN, 130 Pengusaha Singapura Kunjungi Kalimantan

Berniat Investasi di IKN, 130 Pengusaha Singapura Kunjungi Kalimantan

Balikpapan, Gatra.com — Para pengusaha asal Singapura mengunjungi kota Balikpapan untuk mengunjungi proyek ibu kota Nusantara pada Selasa (30/5) dan melihat langsung peluang bisnis yang bisa dikembangkan.

Perjalanan 130 pengusaha Singapura yang diberi tajuk “Singapore Mission to Nusantara” merupakan tindak lanjut dari hasil “Leaders Retreat” antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong yang menyatakan dukungan Singapura bagi pembangunan ibu kota Nusantara.

Duta Besar Indonesia Suryo Pratomo menjelaskan, dua kali public expose yang diselenggarakan di Singapura menarik perhatian para pengusaha Singapura. Mereka ingin mengetahui lebih jauh peluang bisnis yang bisa dilakukan di Nusantara.

Menurut Tommy, pembangunan ibu kota Nusantara merupakan proyek terbesar di Asia Tenggara dengan nilai mencapai US$32 miliar. Bagi pengusaha ini tentunya merupakan peluang bisnis yang luar biasa.

"Karena pemerintah hanya akan membangun fasilitas untuk gedung dan perkantoran pemerintahan saja, sementara investasi lainnya akan ditawarkan kepada swasta, baik dalam maupun luar negeri,” ujar Tommy.

Setelah mendengarkan pemaparan dari Direktur Jenderal Cipta Karya dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, para pengusaha ingin melihat langsung proyek pembangunan ibu kota Nusantara. Itu terbukti dengan tingginya minat untuk ikut dalam kunjungan kali ini.

"Seeing is believing. Dengan melihat langsung dengan mata kepala sendiri, para pengusaha akan tahu bahwa proyek Ibu kota Nusantara bukan hanya sekadar harapan, tetapi sudah dimulai pembangunannya. Garuda Indonesia mendukung kegiatan ini dengan menyediakan penerbangan khusus Singapura-Balikpapan agar para pengusaha tidak perlu transit dulu di Jakarta,” jelas Tommy.

Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng bahkan sejak Senin sudah tiba di Balikpapan. Ia akan mendampingi para pengusaha dari Singapura untuk kunjungan ke Nusantara Rabu (31/5).

Menurut rencana, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan hadir saat para pengusaha Singapura berada di ibu kota Nusantara. Menteri Luhut ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Satuan Tugas Percepatan Pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Para pengusaha dari Singapura yang hadir di Balikpapan datang dari berbagai latar belakang. Dari lembaga Pemerintah Singapura hadir Enterprise Singapura. Sementara para pengusaha lainnya bergerak di bidang energi, transportasi, logistik, konstruksi, properti, perdagangan, dan keuangan.

Ang Boon Kian dari SPIC yang ikut dalam rombongan mengatakan, pihaknya tertarik untuk investasi di bidang energi, khusus energi tenaga surya di Nusantara.

“Kami sudah dua kali berkunjung ke Jakarta dan bertemu para pejabat dari OIKN. Kali ini saya berharap bisa melihat langsung lokasi karena kami benar-benar ingin ikut investasi di bidang energi di Nusantara,” ujar Ang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono Selasa pagi juga tiba di Balikpapan untuk menyambut kedatangan para pengusaha Singapura.

“Kami mengapresiasi kunjungan dalam jumlah besar pengusaha dari Singapura. Saya tentunya harus menyambut mereka dan mempersiapkan kunjungan ke lokasi sehingga para pengusaha tahu apa yang sedang dikerjakan serta akan dikerjakan hingga pembangunan ibu kota Nusantara ini selesai keseluruhannya pada saat peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia kelak,” ujar Menteri Basuki. 

136