Home Milenial Allianz Indonesia, Dukung Formula E Jakarta E-Prix 2023, Siapkan Mobilitas yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Allianz Indonesia, Dukung Formula E Jakarta E-Prix 2023, Siapkan Mobilitas yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Jakarta, Gatra.com - Ajang balap mobil listrik Formula E 2023 yang digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu (3-4/6/2023) di Jakarta International E-Prix Circuit, Jakarta Utara, berlangsung sukses. Penyelenggaraan event Formula E Jakarta berhasil mengukir sejarah bagi dunia motorsport di Tanah Air.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyebut keberhasilan ini menjadi prestasi tersendiri bagi Indonesia. "Sebuah prestasi yang membanggakan, mengingat untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia menjadi yang pertama menyelenggarakan Formula E musim 2022," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (4/6/2022).

Menurut Bamsoet, Formula E bukan sekadar ajang balap, melainkan juga membawa pesan dan misi penting bagi penduduk dunia untuk mempercepat migrasi kendaraan berbahan bakar minyak ke bermotor listrik yang lebih ramah lingkungan. Hal ini sangat sejalan dengan visi dan misi IMI.

Sukses perhelatan Formula E 2023 tak lepas dari peran Allianz yang secara group adalah Official Insurance Partner untuk ABB FIA Formula E World Championship sejak tahun 2017. Tahun ini merupakan tahun kedua Formula E dilaksanakan di Jakarta, dengan dukungan Allianz.

Dukungan ini merupakan bentuk komitmen Allianz terhadap masa depan yang berkelanjutan dan mobilitas yang ramah lingkungan dengan konsumsi karbon emisi rendah.

Selain menjadi Official Insurance Partner ABB FIA Formula E World Championship, Allianz juga adalah title sponsor untuk Allianz Fan Village. Pada Jakarta E-Prix 2023 Allianz hadir menyediakan edukasi mengenai topik keberlanjutan/sustainability dengan mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan. Allianz menggelar hiburan, dan membagi-bagikan air mineral gratis di hidration center, untuk pengalaman Formula E yang lengkap dan interaktif bagi seluruh pengunjung.

Solusi Asuransi dan Layanan Inovatif

Sebagai salah satu perusahaan penyedia asuransi kendaraan kelas dunia, Allianz senantiasa menjadi mitra terdepan dalam solusi asuransi dan layanan inovatif seputar mobilitas. Kemitraan ini menjadi sebuah peluang bagi Allianz untuk menciptakan cara inovatif untuk menginspirasi dan berinteraksi dengan penggemar Formula E untuk memberikan yang #TerbaikBagiBumi.

Alexander Grenz, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia, mengatakan Allianz memiliki misi melindungi masa depan nasabah melalui solusi asuransi yang relevan dan komprehensif. "Keberlanjutan juga merupakan komponen kunci dari DNA perusahaan kami, dan kami merasa bangga terafiliasi dengan Formula E. Ini adalah olahraga pertama di dunia yang mengusung karbon nol bersih (Net Zero Carbon) sejak awal, dan merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepedulian terhadap lingkungan dan kemajuan sosial,” ujar Alexander Grenz.

Grenz berharap semua tim dan para pembalap menikmati pengalaman race yang aman dan seru di Jakarta E-Prix dan masyarakat mendapatkan pengalaman menyenangkan di Allianz Fan Village.

Setelah tiga tahun dilanda pandemi Covid-19, mobilitas masyarakat saat ini telah berangsur kembali normal. Polri mencatat jumlah peningkatan kendaraan bermotor di Indonesia sebesar 152 juta unit, atau melebihi setengah dari populasi penduduk Indonesia per 3 Januari 2023. Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2020 yaitu sebesar 136 juta unit.

Bergulirnya kembali aktivitas masyarakat membuat persoalan polusi udara mencuat lagi. Sampai dengan bulan Juni 2022, Air Quality Index (AQI) dari UCAR Center for Science Education melaporkan daftar kota dengan tingkat polusi tertinggi di dunia, antara lain Jakarta, Delhi, Dubai, Beijing, Kuwait, dan Santiago. Kondisi udara kota-kota itu melampaui standar udara bersih yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) dengan ambang batas PM2,5.

Untuk mengatasi polusi berat ini, penggunaan kendaraan listrik merupakan pilihan. Penggunaan kendaraan listrik, selain untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan menghemat energi, juga menghemat pengeluaran biaya operasional, baik secara individu ataupun pengeluaran daerah dan negara.

Dengan maraknya instansi pemerintahan dan kementerian menggunakan kendaraan listrik maka populasi kendaraan listrik ini akan semakin banyak, dan tentunya akan mendorong pembangunan infrastruktur pendukung kendaraan listrik.

Perkembangan jumlah kepemilikan dan manufaktur industri kendaraan bermotor listrik juga terlihat semakin meningkat. Data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan jumlah pengguna kendaraan listrik di Indonesia per Maret 2023 mencapai 56.988 unit. Angka itu naik dibandingkan tahun 2022 lalu, yang sebanyak 15.437 pengguna. Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) mencatat saat ini terdapat 52 Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor listrik.

Allianz menyambut baik meningkatnya penggunaan kendaraan listrik. Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia mengatakan bahwa Allianz berkomitmen menyediakan proteksi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. "Untuk itu, kami mengembangkan perlindungan kendaraan listrik dari produk yang ada dan melengkapi tambahan proteksi yang disesuaikan dengan perubahan komponen kendaraan listrik," kata Sunadi.

Menurut Sunadi, Allianz juga selalu mengikuti perkembangan panduan terkait proteksi kendaraan listrik yang sedang disusun oleh asosiasi bekerja sama dengan regulator.

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR