Home Ekonomi Industri Pegang Peranan Penting, Menperin Targetkan Kontribusi PDB 20% di 2025

Industri Pegang Peranan Penting, Menperin Targetkan Kontribusi PDB 20% di 2025

Jakarta, Gatra.com - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa industri memegang peranan penting dalam peningkatan PDB per kapita. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kontribusi sektor industri melalui melalui perbaikan struktur ekonomi.

Hal itu dikatakannya dalam acara rapat kerja (Raker) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang digelar di Ritz-Carlton, Pacific Place Jakarta pada Jumat (16/6).

Ia menyebut, dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035, Indonesia diharapkan menjadi negara industri tangguh. Adapun ciri-cirinya yakni memiliki struktur industri nasional yang kuat, berdaya saing global, serta berbasis inovasi dan teknologi.

"Hal ini yang akan diterjemahkan ke dalam program kerja serta target-target yang harus dicapai baik dalam jangka menengah maupun panjang," katanya.

Agus menargetkan, pada tahun 2025 pertumbuhan sektor industri pengolahan nonmigas bisa mencapai 6,4%. Selanjutnya, kontribusi industri pengolahan nonmigas terhadap PDB juga ditargetkan sebesar 19,2% pada tahun itu. Terakhir, kontribusi ekspor produk industri pengolahan nonmigas terhadap total ekspor sebesar 78% pada tahun 2025.

"Apa yang saya sampaikan bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Inilah tujuan dari rapat kita hari ini," tegasnya.

Ia berharap, Raker Kemenperin ini bisa menghasilkan rencana aksi strategis baik dalam jangka pendek maupun menengah. Sehingga, daya saing dan produktivitas sektor industri dapat kembali meningkat.

"Harapan kita bersama, khususnya harapan saya kontribusi sektor industri terhadap PDB bisa kembali mendekati 20%," ujarnya.

113