Home Olahraga Indonesia Hanya Sisakan Ginting di Final Indonesia Open 2023

Indonesia Hanya Sisakan Ginting di Final Indonesia Open 2023

Jakarta, Gatra.com - Anthony Sinisuka Ginting berhasil menaklukkan Li Shi Feng dan lolos ke babak final Indonesia Open 2023. Satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di turnamen ini berhasil mendominasi permainan meski sempat tertinggal jauh di awal set kedua.

Kemenangan Ginting juga disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang secara tiba-tiba hadir di Istora Senayan, Jakarta pada Sabtu (17/6).

Pertandingan babak semifinal berakhir dengan skor 21-15 dan 21-17. Ginting banyak memanfaatkan bola lambung dari Li meski sempat tertekan dengan smash keras dari tunggal putra asal Tiongkok ini.

Pada awal set kedua, Ginting sempat tertinggal jauh dari perolehan poin Li. Tapi, permainan tipis di atas net berhasil memaksa Li untuk melambungkan shuttlecock jauh ke belakang lapangan yang akhirnya dibalas Ginting dengan jumping smash.

Tunggal putra terbaik Indonesia ini sempat beberapa kali gagal mengembalikan shuttlecock. Li pun unggul 2-1 di awal permainan. Rally pun terjadi. Kedua pemain saling membalas smash dan memancing untuk bermain tipis di atas net. Pukulan Ginting tidak berhasil melewati net dan poin menjadi 4-1 untuk Tiongkok.

Poin Indonesia sempat tertinggal jauh karena jumping smash dari Ginting gagal mengecoh lawan. Tapi, percobaan Ginting akhirnya berhasil dan menyusul kedudukan. Poin menjadi 7-6 untuk keunggulan Li Shi Feng.

Kedua pemain saling balas smash dan bermain tipis di atas net. Poin menjadi 9-6 ketika smash kencang Li tidak bisa dikembalikan Ginting. Tunggal putra Indonesia ini pun sempat terjatuh di atas lapangan, tapi ia segera berdiri dan berhasil memanfaatkan bola lambung untuk mendapatkan poin.

Berkat backhand smash Ginting, Indonesia berhasil mengejar ketertinggalannya dan poin menjadi 9-8. Kedua pemain terus bertarung dalam rally dan saling melepaskan smash. Sayangnya, smash Ginting sempat melebar ke belakang dan Indonesia tertinggal 13-10.

Ginting sempat jatuh lagi di sisi lapangan, tapi serangan Li di depan net berhasil ditepisnya. Poin akhirnya, kedudukan sama kuat di poin 13-13. Setelah berulang kali saling mengejar, Ginting mulai unggul atas Li Shi Feng setelah pukulan pemain Tiongkok ini melebar dan keluar lapangan. Poin 14-15 untuk keunggulan Indonesia.

Perolehan poin semakin jauh setelah Li tidak punya pilihan untuk menjawab permainan tipis di atas net. Bola lambung dari Li terus dibalas Ginting dengan jumping smash. Match point 15-20 akhirnya menjadi kemenangan bagi Indonesia setelah pukulan Li out di bagian belakang lapangan Ginting.

96