Home Politik Didominasi Pemilih Lelaki, KPU Sarolangun Tetapkan DPT Pemilu Serentak 2024

Didominasi Pemilih Lelaki, KPU Sarolangun Tetapkan DPT Pemilu Serentak 2024

Sarolangun, Gatra.com - Jumlah pemilih laki-laki di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, pada pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024 nanti terhitung lebih banyak dari pemilih perempuan.

Hal ini diketahui berdasarkan data hasil relapitulasi pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun, yang diterima Gatra.com, Rabu (21/6/2023).

"Ya, Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan jumlah totalnya sebanyak 209.632 pemilih, dengan rincian 105.925 pemilih laki-laki dan 103.707 pemilih perempuan, artinya laki-laki lebih dominan," kata ketua KPU Sarolangun, Ahmad Mujaddid, ketika dikonfirmasi Gatra.com.

Ahmad Mujaddid menyebut, jumlah tersebut tersebar di 11 kecamatan serta 158 desa/kelurahan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 856 TPS dalam wilayah Kabupaten Sarolangun.

Ia menjelaskan, semua data tersebut di dapat setelah KPU Kabupaten Sarolangun melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tingkat KPU Kabupaten Sarolangun pada Pemilihan Umum Tahun 2024, Rabu (21/6/2023).

"Daftar pemilih tetap ini juga merupakan hasil rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan akhir tingkat kecamatan di 11 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sarolangun," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, katanya, juga hadir ketua KPU Provinsi Jambi Iron Sahroni, pada saat itu pihak KPU Provinsi Jambi menyampaikan daftar pemilih tetap merupakan penunjang suksesnya pemilu tahun 2024 dan diharapkan data tersebut benar-benar  akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Sehingga nantinya seluruh masyarakat Provinsi Jambi umumnya dan khususnya masyarakat Kabupaten Sarolangun dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilu tahun 2024 nanti," kata Ahmad Mujaddid.

Rapat Pleno terbuka yang dilaksanakan pihak KPU Sarolangun ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Sarolangun, Dandim 0420 Sarko, Polres Sarolangun, Kejaksaaan Negeri Sarolangun, Instansi terkait, Pimpinan Partai Politik, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se Kabupaten Sarolangun.

265