Home Olahraga MXGP Seri X Digelar, Lintasan Sirkuit Samota Disebut Terbaik di Dunia

MXGP Seri X Digelar, Lintasan Sirkuit Samota Disebut Terbaik di Dunia

Sumbawa Besar, Gatra.com – Gelaran Motor Cross Grand Prix (MXGP) 2023 seri X di Sirkuit Samota, Sumbawa, mendapat pujian dari Federasi International Motor (FIM) Motocross World Championship sebagai salah satu sirkuit dengan lintasan terbaik di dunia dan memiliki daya tarik pesona alam yang tidak dimiliki oleh circuit di negara lainnya. Sebut saja Pulau Moyo dengan air terjunnya, serta Teluk Saleh dengan spot hiu paus.

CEO FIM, David Luongo, dalam acara Welcome Opening Ceremony MXGP 2023 di Sumbawa Besar, Jumat petang (23/6), mengatakan bahwa Sirkuit Samota merupakan tempat indah dan spektkuler.

"Ini kali kedua bagi kami mengunjungi Pulau Sumbawa, lintasan sirkuit di Samota ini sangat kami sukai. Sumbawa merupakan tempat yang sangat spektakuler dan tempat yang indah untuk dilihat. Mari kita nikmati balapan ini," ajak David.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H. Zulkieflimansyah, mengatakan, dua hari yang lalu ia berenang bersama hiu, salah satu hiu terbesar di dunia. 

"Sumbawa memiliki wisata yang paling indah, ada air terjun, indahnya terumbu karang saat menyelam di Pulau Moyo," kata Zulkieflimansyah saat menyampaikan sambutan.

Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB ini, juga optimistis gelaran MXGP tahun ini tidak kalah dengan MXGP tahun lalu, karena selain menyuguhkan tontonan motocross para pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam Sumbawa dengan destinasi wisata terbaiknya.

"Kemarin Samota menjadi event dengan penonton terbanyak di dunia, mudah-mudahan besok akan lebih banyak lagi jauh dari tahun kemarin," ungkap Bang Zul.

Seperti diketahui, MXGP ini merupakan kali kedua di Samota, Sumbawa dan menjadi seri kesepuluh gelaran MXGP musim ini. Pesertanya dari 18 Negara dengan jumlah rider 23 MXGP dan 25 MX2.

198