Home Gaya Hidup Prudential Indonesia Gandeng Eka Hospital Peringati Perayaan 175 Tahun Prudential di dunia

Prudential Indonesia Gandeng Eka Hospital Peringati Perayaan 175 Tahun Prudential di dunia

Jakarta, Gatra.com– Menyambut hari donor darah sedunia, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berkomitmen untuk membantu masyarakat hidup lebih sehat. "Sepanjang 175 tahun perjalanan Prudential di dunia dan lebih dari 27 tahun di Indonesia, kami senantiasa berkomitmen untuk membantu masyarakat hidup lebih sehat," kata Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia, dr. Dian Budiani dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/6).

Dalam kesempatan ini, Prudential Indonesia juga menggelar kegiatan donor darah selama 4 hari pada tanggal 30-31 Mei dan 12-13 Juni 2023. Berlokasi di kantor Prudential Indonesia, aksi bertema “Celebrating Life by Saving Lives” ini bekerja sama dengan Eka Hospital dan telah berhasil mengumpulkan 231 kantong darah.

Kegiatan yang melibatkan peran aktif karyawan, tenaga pemasar, dan nasabah ini sekaligus untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia pada 14 Juni 2023. "Kami mengajak karyawan, tenaga pemasar, dan nasabah untuk turut berperan aktif mendukung upaya pemerintah meningkatkan persediaan kantong darah nasional untuk membantu menyelamatkan nyawa yang membutuhkan," katanya.

Baca juga: Fairmont Jakarta Ajak Staycation Bareng Pinkfong Baby Shark

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Palang Merah Indonesia (PMI) mencatat stok darah di Indonesia mencapai 3,14 juta kantong darah per Juni 2021. Jumlah ini meningkat dalam sepuluh tahun terakhir dan penyumbangan donor darah mayoritas dilakukan secara sukarela.

Namun, jumlah ini masih kurang dari jumlah minimal kebutuhan darah nasional. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), standar pemenuhan kebutuhan darah yaitu 2% dari jumlah penduduk suatu negara, atau secara nasional 5,5 juta kantong darah dibutuhkan Indonesia setiap tahunnya.

"Data ini menunjukan masih tingginya angka kebutuhan pemenuhan kebutuhan stok darah di Indonesia," ungkap Dian. Menurut dia, selain memberikan manfaat bagi yang membutuhkan, kegiatan donor darah dapat memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh pendonor, antara lain meningkatkan produksi sel darah baru, menjaga kesehatan jantung, serta menurunkan risiko penyakit serius.

Sales Director Eka Hospital Group, R. Octdy Hendrawan Wulantara menambahkan bahwa perlu mendorong kembali kesadaran masyarakat tentang pentingnya kegiatan donor darah. Terutama agar fasilitas layanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskemas, siap untuk menolong masyarakat yang membutuhkan kantong darah kapan saja.

"Kami menyambut baik kerja sama dengan Prudential Indonesia sebagai bagian dari langkah penting dalam memenuhi kebutuhan pasokan darah demi mewujudkan Indonesia yang sehat dan kuat,” paparnya.

​​​​​​Baca juga: Ourmeall Rilis Produk dengan Protein dan Serat Maksimal

Selain kegiatan donor darah, kontribusi lainnya yang telah dilakukan oleh Prudential Indonesia tiga tahun terakhir (2021-2023) diantaranya adalah pembukaan sentra Vaksinasi Booster kedua Prudential Indonesia di Prudential Center Kota Kasablanka. Serta berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya di Desa Maju Prudential, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Yakni berupa kegiatan penyuluhan dan penyelenggaraan tes pap smear tanpa biaya, pembinaan hidup bersih, serta pembangunan rumah serta fasilitas umum untuk warga. Juga kegiatan membangun hunian sementara bagi korban gempa Cianjur yang bekerjasama dengan Prudence Foundation. 

80