Home Sumbagsel Harga TBS di Sumsel Diprediksi Naik pada Juli 2023

Harga TBS di Sumsel Diprediksi Naik pada Juli 2023

Palembang, Gatra.com – Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) saat ini untuk umur 10–20 tahun sebesar Rp2.038,43 per Kilogram (Kg). Harga tersebut berdasarkan penetapan harga TBS Sumsel periode II Juni 2023.

Analisis PSP Madya Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Sumsel, Rudi Arpian, mengatakan, memasuki periode kedua pada Juni ini, harga TBS Provinsi Sumsel memang masih mengalami penurunan.

“Hal itu disebabkan harga refrensi CPO yang dilaporkan anggota tim penetapan harga masih rendah,” ujarnya di Palembang, Selasa (27/6).

Menurutnya, Provinsi Sumsel saat ini masih menetapkan harga dua pekan sekali, sehingga hasil tender yang disampaikan anggota tim adalah harga rata-rata kontrak pada pekan sebelumnya.

“Untuk trend harga CPO saat ini mulai menunjukkan kenaikan harga, kita prediksi untuk harga TBS petani Sumsel baru bergerak naik pada periode I bulan Juli yang akan ditetapkan pada 11 Juli 2023 mendatang,” ujar dia.

Karena itu, lanjutnya, untuk saat ini pihaknya mengimbau para petani sawit di Bumi Sriwijaya untuk tetap memelihara kebunnya. “Salah satunya dengan memberi pupuk agar produksi meningkat pada saat harga mulai naik nanti,” kata dia.

Sekedar informasi, berdasarkan penetapan harga minyak sawit mentah (CPO) untuk Periode II Juni 2023 ditetapkan Rp9.476,50/Kg dan harga inti Rp4.536,43/Kg dengan indeks K 89,46 persen.

392