Home Olahraga Indonesia Siap Gelar Turnamen AFF U-19 Women's Championship 2023

Indonesia Siap Gelar Turnamen AFF U-19 Women's Championship 2023

Jakarta, Gatra.com - Pelatih Tim U-19 Wanita Indonesia, Rudy Eka Priyambada menyatakan kesiapan timnya untuk menjalani gelaran turnamen AFF U-19 Women's Championship 2023 pada 5-15 Juli mendatang, di Palembang.

"Saya excited dan sudah sangat siap untuk event kali ini (AFF U-19 Women's Championship 2023), karena beberapa pemain sudah saya bawa dari tiga tahun lalu, mohon dukungannya dan semoga kami bisa memberikan yang terbaik," kata Rudy Eka saat jumpa pers Grup A jelang laga, Selasa, (4/7) malam.

Untuk mengarungi turnamen AFF U-19 Women’s Championship 2023, Rudy telah memilih 23 pemain terbaiknya, yang sebelumnya ia panggil ada 30 pemain menjalani seleksi.

Baca Juga: Thailand Gilas Cambodia di Pertandingan Pertama AFF U18 Women's

Garuda Pertiwi Muda juga telah menjalani satu pekan pemusatan latihan di Palembang dan sudah mengadakan tiga kali uji coba, dimana ketiganya dilalui dengan kemenangan. Dua kali melawan tim pria dari Farmel Hatta dikalahkan 1-0, lalu menang atas tim putra PUSRI dengan skor 2-1 dan yang terakhir adalah lesakan tujuh gol ke gawang tim putri Pra PON Lampung.

“Persiapan kami satu minggu ini juga menyeleksi pemain, dari 30, kini 23 pemain. Saya kira pemain-pemain ini yang terpilih karena mereka sudah kita ambil dari dua atau tiga tahun yang lalu, mereka juga sudah mencicipi jam terbang di tim senior, kita lihat, dari uji coba melawan tim pria, kita bisa menang, dan juga melawan tim wanita, kita ingin melihat mentalitas mereka dalam bermain,” ungkap Rudy.

“Kita optimis di kejuaraan nanti bisa bermain dengan baik saat melawan Timor Leste,” sambungnya.

Melihat, lawan-lawan di Grup A, Rudy mengatakan dari tim yang ada, hanya pernah bertemu dalam satu laga melawan Kamboja. 

“Timor Leste dan Laos saya belum pernah bertemu. Saat lawan Kamboja, kita bisa mencetak gol di menit-menit akhir, tetapi semua tim saya kira kekuatannya rata, karena sepakbola di Asia Tenggara tumbuh kembang di sepakbola wanitanya, semua tim sama, kita fokus di 90 menit laga pertama melawan Timor Leste,” jelasnya.

Baca Juga: PSSI Umumkan 23 Pemain Timnas Wanita untuk Piala AFF 2022, Ini Daftarnya

Melawan Timor Leste, Rudy menegaskan timnya sudah siap. “Dari 30 pemain ke 23 pemain, yang jelas, kami siap. Di latihan terakhir sebelum melawan Timor Leste, kami akan mempertajam set piece, antisipasi bola-bola jauh lawan, kita harus berani pressing lebih awal, karena kita main di kandang, sekiranya kita bisa mencetak gol lebih awal,” jelasnya.

Sementara itu, pelatih Kamboja Prak Vuthy mengatakan timnya akan memanfaatkan turnamen ini untuk pembelajaran.

"Walaupun kami membawa banyak pemain baru dalam tim ini, mungkin di kejuaraan nanti akan menjadi pembelajaran bagi kami, kami akan berusaha sebaik mungkin, dan mencoba memenangkan setiap pertandingan," sebutnya.

Kemudian pelatih Laos, Viengsavanh Sayyaboun menyebutkan akan berusaha memenangkan setiap laga, karena mereka datang untuk menang.

"Kami datang kesini mencoba untuk memenangkan setiap pertandingan, kami hanya ingin fokus pada tim kami sendiri, tak ingin membicarakan tentang tim lain," jelasnya.

Baca Juga: Gol Indah Sheva Imut, Antar Indonesia Menang atas Kamboja

“Ini kejuaraan pertama bagi saya, rata-rata pemain yang saya bawa masih sangat muda, usia 16 tahun, ini adalah tim proyeksi masa depan kami. Jadi pertandingan pertama nanti merupakan suatu pengalaman baru bagi saya," kata pelatih Timor Leste Vincente Ramos Freitas.

Laga perdana turnamen ini akan menyajikan perhelatan antara Kamboja dan Laos pukul 15.30 WIB, dilanjutkan dengan duel Indonesia melawan Timor Leste pada pukul 19.30 WIB di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang.

54