Home Ekonomi Pameran INABUYER 2023 B2B2G 2023 Berpotensi Catat Kerja Sama KUMKM Hingga Rp1 Triliun

Pameran INABUYER 2023 B2B2G 2023 Berpotensi Catat Kerja Sama KUMKM Hingga Rp1 Triliun

Jakarta, Gatra.com - Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM), Hanung Harimba Rachman mengatakan kegiatan INABUYER B2B2G Expo 2023 yang dilaksanakan pada 5-7 Juli 2023 berhasil mencatatkan potensi kerja sama para pelaku koperasi dan UMKM (KUMKM) hingga mencapai Rp1 triliun.

“Jumlah pengunjung dari kegiatan INABUYER tahun ini mencapai 5.615 orang. Potensi kerja sama mencapai Rp1 triliun lebih yang dihasilkan oleh 48 koperasi dan UMKM dengan peminat 14 BUMN, dua K/L dan 32 perusahaan besar. Posisi teratas diduduki oleh PT Perikanan Indonesia sebanyak Rp974,12 miliar,” ucapnya di Jakarta, Sabtu (8/7).

INABUYER B2B2G Expo 2023 telah menghasilkan 18 kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang melibatkan 17 KUMKM dan satu asosiasi serta peluang kerja sama lainnya. Hanung optimistis INABUYER 2023 akan menjadi pendorong ekosistem kemitraan yang ideal, menguntungkan kedua belah pihak, memberikan pengalaman dan transfer teknologi, serta memberikan peluang kerja sama.

“Saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun, semakin banyak produk UMKM yang masuk dalam kemitraan rantai pasok perusahaan besar, BUMN, Kementerian/Lembaga; serta saya harapkan koperasi dan UMKM dapat berjejaring untuk bertumbuh bersama-sama dan meningkatkan skala usahanya,” ucap Hanung.

Hanung juga menyambut baik kegiatan INABUYER B2B2G Expo 2023 yang dapat dilaksanakan di SMESCO. Dia berharap ke depan SMESCO dapat menjadi hub pengembangan UMKM, menjadi wadah kolaborasi yang kuat antara pelaku UMKM, pemerintah, komunitas, dan lembaga pendidikan dalam menciptakan kreativitas dan pertumbuhan UMKM.

Dalam kesempatan ini, Hanung mengapresiasi berbagai pihak yang terlibat seperti Hippindo, BUMN, usaha besar, dan Kementerian/Lembaga yang telah memberikan pendampingan serta peluang kerja sama kepada koperasi dan UMKM.

“Saya berharap acara INABUYER B2B2G Expo 2023 ini menjadi awal yang baik bagi kita, memperkuat sinergi antar Pemerintah, BUMN, usaha besar, untuk mempercepat transformasi koperasi dan UMKM yang inklusif dan berkelanjutan,” ucapnya.

41