Home Pendidikan Puluhan Anak Disabilitas Panti Asuhan Mendapat Pelatihan IT

Puluhan Anak Disabilitas Panti Asuhan Mendapat Pelatihan IT

Jakarta, Gatra.com – Puluhan milenial penyandang disabilitas mengikuti pelatihan information technology (IT), di antaranya desain web dan dasar-dasar cloud dalam bahasa Indonesia di Panti Sosial Bina Netra dan Rungu Wicara Cahaya Batin, Jakarta Timur (Jaktim).

Pelatihan yang berlangsung selama sepekan, yakni mulai Seni–Senin (3–10/7) tersebut, kata Aldi Imam Wibowo, Ketua Panitia Perhelatan dari Forum CSR, dalam keterangan pers, Sabtu (8/7), merupakan upaya mengembangkan bakat dan keterampilan untuk anak-anak di panti sosial.

Tujuannya, agar mereka mampu memanfaatkan teknologi serta pengembangan talenta individu yang mereka miliki di tengah pesatnya kemajuan teknologi.

Lebih lanjut Aldi menyampaikan, pelatihan bertajuk “Laptop for builders: Pelatihan Cloud Computing AWS Technology” ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis menghadirkan 15 instruktur berpengalaman.

Pelatihan ini digelar Forum Corporate Social Responsibility (CSR) berkolaborasi dengan Amazon Web Service (AWS) dan Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta.

“Pelatihan ini merupakan bentuk komitmen Forum CSR untuk mendorong kaum milenial, terkhusus mereka yang berkebutuhan khusus agar bisa memiliki keterampilan dan kemampuan,” katanya.

Ia mengungkapkan, pembentukan Forum CSR untuk melakukan pemberdayaan warga termasuk kaum milineal berkebutuhan khusus untuk mengembangkan usaha, pendidikan, maupun ekonomi.

Bukan hanya kali ini, Forum CSR juga telah melakukan berbagai pelathan di berbagai kota di Tanah Air, sejak 2020 lalu. Untuk di DKI Jakarta, ini merupakan kali pertama dan akan terus dilakukan di beberapa lokasi dan kalangan lainnya.

Hingga Februari 2023, program tersebut telah diikuti lebih dari 300.000 orang di seluruh Indonesia. Forum CSR bersama AWS berkomitmen untuk merangkul lebih banyak peserta dalam pelatihan yang dapat memberikan keterampilan baru bagi masyarakat, khususnya para pelajar dan kaum disabilitas.

“Fokus Forum CSR adalah bagaimana seluruh anak bangsa bisa ikut serta dalam kemajuan bangsa dan negara. Jangan sampai ada yang tertinggal,” katanya.

Director of AWS Training and Certification Asia Pacific and Japan, Andrew Sklar, menyampaikan, pihaknya juga melatih instruktur di tingkat lokal untuk menyajikan program pembelajaran cloud.

IWS juga mendonasikan laptop guna mendukung infrastruktur belajar. Selanjutnya, para instruktur akan mendistribusikan materi pelatihan serta laptop ke sekolah-sekolah di berbagai penjuru negeri.

“Program yang dimulai di masa pandemi Covid-19 ini bertujuan untuk mendorong pembelajaran dan memberikan peluang keterampilan teknologi bagi siswa di Indonesia,” katanya.

Selain itu, program pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memiliki keahlian baru yang memiliki peluang untuk dikembangkan seiring kemajuan teknologi.

73