Home Gaya Hidup Hijrahfest Kembali Hadir, Kali Ini Digelar di Kabupaten Bandung

Hijrahfest Kembali Hadir, Kali Ini Digelar di Kabupaten Bandung

Bandung, Gatra.com - Hijrahfest akan kembali dihelat setelah Januari lalu sukses digelar di Padang, Sumatera Barat dalam rangkaian acara Visit Beautiful West Sumatera. Kali ini Hijrahfest akan diselenggarakan di Bale Rame Soreang, Gedung Budaya Soreang, Kabupaten Bandung pada tanggal 28 – 30 Juli 2023.

Mengambil tema “Hijrahfest Bandung Bedas”, acara ini hadir dengan menggelar pameran aneka produk industri halal seperti halal fashion, halal food/ kuliner, halal travel, property syariah, financial technology syariah, permainan anak, healthcare, halal beauty care dan aneka produk lainnya.

Selain pameran, akan ada rangkaian acara talkshow, sharing, motivasi yang disampaikan oleh narasumber seperti para asatidz baik skala lokal, nasional, dan internasional yang didampingi oleh para artis, influencer, selebgram tanah air.

“Hadirnya Hijrahfest di Kabupaten Bandung bertujuan untuk mempererat dan memperkuat tali silaturahmi, juga mendorong UMKM/ brand owner sebagai pelaku industri halal untuk tumbuh bersama.” ujar Arie Untung selaku Penggagas Hijrahfest, di acara opening ceremony Hijrahfest Bandung Bedas, Gedung Bale Rame, Soreang, Kab. Bandung, Jumat (28/07).

“Sebagaimana saat Hijrahfest hadir awalnya adalah untuk menjawab kecemasan kawan-kawan yang baru ngaji/ hijrah itu, yang baru buka usaha, dagang tapi tidak ada pembeli, kita coba buat wadah dengan berkolaborasi banyak pihak dan komunitas. Kita hadirkan konsumen. Ternyata Alhamdulillah hasilnya luar biasa.” lanjut Arie.

Hijrahfest Bandung Bedas, jelas Arie, akan diikuti oleh lebih 105 stand booth pameran dari 93 brand aneka produk hakal baik halal food, halal fashion, halal travel, properti Syariah, halal beauty care, fintech syariah, edukasi, ecommerce platform, dan aneka produk industri halal lainnya.

“Sekali lagi, dengan hadirnya event Hijrahfest ini kami berharap acara ini dapat menjadi jembatan ukhuwah bagi para stakeholder yang terlibat di dalamnya dan mendorong kebangkitan ekonomi syariah melalui tumbuhnya halal lifestyle di Indonesia secara luas terlebih di Kabupaten Bandung yang memiliki aneka UMKM yang sudah berkembang dan maju.” ujarnya.

Sementara Bupati Bandung, Dadang Supriatna menyambut baik acara Hijrafest yang akan digelar di wilayahnya. Menurutnya capaian positif yang diraih Kabupaten Bandung sejauh ini tak lepas dari nilai-nilai keagamaan.

“Kabupaten Bandung insyaallah semakin baik, selain penurunan angka kriminalitas, terbukti naiknya angka pendapatan naik dari 969M menjadi 1,237T. Hal tersebut terwujud atas kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas semua pihak dengan semangat mewujudkan visi Kabupaten Bandung BEDAS (Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis, dan Sejahtera) termasuk dengan memperbaiki tata kelola masyarakat dan birokrasi dengan nilai keagamaan, menuju keselamatan dunia akhirat.” bebernya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank BJB Syariah, Adang Ahmad Kunandar menyampaikan bahwa bertumbuhnya kesadaran masyarakat muslim akan pentingnya halal lifestyle dewasa ini menuntut adanya wadah atau ruang silaturahmi langsung agar semangat kebersamaan selalu tumbuh. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah yang ingin mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Produsen Produk Halal 2024.

“Alasan yang kuat Bank BJB Syariah menjadi bagian acara ini, dikarenakan Hijrahfest mempunyai nilai manfaat tinggi untuk mendukung perkembangan ekonomi syariah di Kabupaten Bandung, yang tentunya hal ini sejalan dengan visi Bank BJB Syariah, sebagai satu-satunya bank Syariah yang sudah spin off.” jelasnya.

Sebagai informasi, Hijrahfest Bandung Bedas akan menghadirkan berbagai narasumber dari dalam dan luar negeri diantaranya Syeikh Assim Al Hakeem, Oemar Mita, Handy Bonny, Ahmad Ridwan, Ustaz Ridho Febri, Sinyo Hendrik, Akbar Nazzary, Hilman Fauzi, Irfan Rizki Haas, Ahmad Hatta, Haneen Akira, Dudi Muttaqien, Adi Pratama L, Mirani Mauliza.

Kemudian teman - teman artis Musawarah seperti Arie Untung - Fenita Arie, Teuku Wisnu – Shireen Sungkar, Irwansyah – Zaskia Sungkar, Dimas Seto – Dhini Aminarti, Taqy Malik, Natta Reza, Salim Bahanan, Muzammil, Fuadh Naim, dan Risco Aditama.

44