Home Olahraga James Rodriguez Jadi 'Raja Petualang', Bela 10 Klub dari 10 Negara

James Rodriguez Jadi 'Raja Petualang', Bela 10 Klub dari 10 Negara

Sao Paulo, Gatra.com - James Rodriguez terus berpetualang sekaligus kembali berganti klub.

Pemain asal Kolombia itu, kini bergabung dengan klub asal Brasil, Sao Paulo. Rodriguez mendapat kontrak selama 2 tahun.

Ini merupakan klub ke-10 Rodriguez sejak dia memulai kariernya di sepak bola profesional pada 2006 silam. Uniknya, 10 klub tersebut selalu berasal dari 10 negara yang berbeda.

Baca Juga: Virgil van Dijk Jadi Kapten Liverpool, Alexander-Arnold Wakil

Rodriguez mengawali karier profesionalnya bersama klub asak Kolombia Envigado. Dia memperkuat tim itu dalam rentang waktu 2006-2008.

Pemain kelahiran 12 Juli 1991 ini kemudian pindah ke Argentina untuk membela Banfield. Hanya bermain dua musim, dia menuju Eropa dengan membela klub asal Portugal, Porto.

Performanya yang apik bersama Porto selama 3 musim, membuat AS Monaco menggaetnya pada 25 Mei 2013 dengan banderol 45 juta euro. Rodriguez mendapat kontrak selama 5 tahun.

Selain moncer bersama Monaco di Liga Prancis, Rodriguez juga tampil menawan di Piala Dunia 2014. James mendapat banyak pujian saat tampil di Piala Dunia.

Baca Juga: Manchester United-Adidas Perpanjang Kerja Sama, Angkanya Tembus Rp15 Triliun

Salah satunya lewat tendangan volinya yang berbuah gol saat Kolombia mengalahkan Uruguay. Bahkan pelatih Uruguay saat itu Oscar Tabarez menyebutnya sebagai salah satu gol terbesar yang pernah ada di Piala Dunia.

Situasi itu membuat Real Madrid ngebet membawanya ke Santiago Bernabeu. Pada tanggal 22 Juli 2014, James akhirnya menandatangani kontrak enam tahun dengan Madrid. Biaya transfernya disebut mencapai 63 juta poundsterling.

Sayangnya, performanya bersama Madrid tak stabil. Bahkan dia sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen selama 2017 hingga 2019.

Kemudian, pada 7 September 2020, James bergabung dengan klub Liga Premier Everton dengan status bebas transfer. Saat itu dia menandatangani kontrak dua tahun.

Baca Juga: Bayern Munchen Belum Menyerah Datangkan Harry Kane

Namun pada 22 September 2021, James bergabung dengan Al-Rayyan, klub asal Qatar dengan biaya yang tidak diungkapkan. Hanya saja, pada 15 September 2022, Al-Rayyan mengakhiri kontrak James Rodriguez dengan persetujuan bersama.

Rodriguez pun mencoba peruntungan di Yunani. Dia kemudian bergabung dengan Olympiacos. Sama seperti dengan Al-Rayyan, Olympiacos mengakhiri kontrak James dengan persetujuan bersama pada 13 April 2023.

Beruntung Sao Paulo siap menampungnya. Pada 29 Juli 2023 lalu, dia teken kontrak dengan Sao Paulo.

43