Home Ekonomi Menko Airlangga dan Menperin Agus Gumiwang Buka GIIAS 2023

Menko Airlangga dan Menperin Agus Gumiwang Buka GIIAS 2023

Jakarta, Gatra.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang pada hari ini, Kamis (10/8).

Airlangga dalam pembukaannya mengapresiasi penyelenggaraan pameran GIIAS yang mengusung tema future now. Terlebih, industri otomotif saat ini kerap menjadi tonggak perumbuhan otomotif nasional. Sehingga, kata Airlangga pameran otomotif bergengsi di Tanah Air ini, dapat mempromosikan kendaraan listik yang nantinya dapat mendorong penurunan emisi karbon di Indonesia.

“Saya baru mendengar otomotif itu akan banyak yang masuk ke indonesia. Saya nanti akan lihat langsung," kata Airlangga di ICE BSD, Tangerang pada Kamis (10/8).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan, asosiasi dan industri otomotif saat ini terus mendukung target pemerintah dalam mencapai net zero emission pada 2060 mendatang dengan kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

“Pameran ini mengusung tema future now sebagai representasi masa depan otomotif Indonesia,” ujar Nangol.

Adapun, pameran GIIAS ini merepresentasikan masa depan industri otomotif Indonesia, dan tahun ini GIIAS akan kembali menyoroti kelebihan, durabilitas dan fitur terkini dari kendaraan listrik, meyakinkan masyarakat untuk mendukung dan mulai beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan.

Tahun ini GIIAS akan menghadirkan total 49 merek kendaraan bermotor, termasuk 29 merek kendaraan penumpang yakni; Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda. Kemudian Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, dan Wuling.

Lima merek dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Serta 15 merek dari kendaraan roda dua; Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, serta Vespa.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan kendaraan roda dua, tiga merek karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga akan unjuk gigi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023.

Rangkaian pameran GIIAS 2023 The Series akan berlangsung pada empat kota di pulau Jawa, GIIAS Tangerang, 10—20 Agustus 2023 mengambil tempat di ICE BSD City. Kemudian dilanjutkan berturut-turut penyelenggaraan GIIAS di Surabaya pada 20—24 September 2023, di Grand City Convex, Semarang pada 18—22 Oktober 2023, di Marina Convention Center, dan ditutup dengan pelaksanaan GIIAS dikota baru, GIIAS Bandung pada 22—26 November 2023, di Sudirman Grand Ballroom.

56