Home Gaya Hidup Sinoeng Lepas Kontingen Pramuka ke Raimuna Nasional XII 2023

Sinoeng Lepas Kontingen Pramuka ke Raimuna Nasional XII 2023

Salatiga, Gatra.com - Sebanyak 32 anggota pramuka penegak dan pramuka pandega dari Kontingen Cabang Kota Salatiga dilepas Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi, Kamis (10/8).

Mereka akan ikut serta dalam Raimuna Nasional XII Tahun 2023 di Cibubur pada tanggal 14-21 Agustus mendatang.

Kegiatan ini ditandai dengan penyerahan bendera dan penyematan jaket kontingen kepada perwakilan pramuka yang akan mewakili Kota Salatiga ke ajang tersebut.

Baca Juga: Forum Anak Harus Menjadi Wadah Berkreasi

Sinoeng yang hadir dengan memakai pakaian pramuka lengkap mengatakan bahwa ajang Raimuna Nasional ini bisa dijadikan tempat untuk menimba ilmu dan menjalin pertemanan dan menjalin silaturahmi antar pramuka dari seluruh daerah di Indonesia.

“Kepesertaan mereka menjadi duta-duta praja muda karana di tingkat nasional di Cibubur, ini bukan hanya menimba ilmu pengetahuan dan pengalaman saja, tetapi juga menjadi cara untuk tukar menukar soal prestasi, keterampilan, kekompakan, kesamaptaan,” ujarnya.

Hari ini, katanya, pramuka telah membuktikan kontribusinya bermanfaat pada lingkungan untuk pembentukan karakter. Karakter mencintai bangsanya, untuk peduli kepada sesamanya. “Karakter untuk siap untuk digerakkan dalam kondisi darurat,” tegasnya.

Menurutnya, pertemuan dalam Raimuna nanti akan manjadi share dan experience sekaligus untuk share learning tentang pembelajaran dari daerah lain.

Baca Juga: Kontrol Capaian BUMD di Triwulan II, Sinoeng Beri Arahan ke Pimpinan

“Manfaatkan momentum ini sebagai ajang silaturahmi dan mendapatkan jejaring. Maka apabila mereka berprestasi itulah bonus tapi bukan tujuan. Saya berharap selama Raimuna nanti untuk bisa menjaga sikap, perilaku dan nama baik kontingen Kota Salatiga, karena dipundak mereka tidak hanya mewakili nama keluarga, sekolah namun hampir 200 ribu warga kota Salatiga,” imbuhnya.

Selain itu, adanya dukungan dari orang tua dari masing-masing peserta juga membuat semangat dan bisa meningkatkan kepercayaan dalam melaksanakan tugas di Raimuna di Cibubur.

“Dukungan dari orang tua, sekolah dan pemerintah akan menjadi pilar penyangga kepercayaan diri mereka. Kami sudah siapkan pendamping, kakak pembina selama hampir 10 hari di sana,” katanya.

Dia berharap, panggung ini akan menjadi sebuah memory eksperimental, pengalaman yang sulit dilupakan, sehingga mereka akan melakukan story telling tentang apa dan yang akan dilakukan dengan teman-teman. “Nanti akan ada cerita unik dan itu akan menjadi pembelajaran bersama,” tandasnya.

129