Home Regional Antisipasi El Nino, 500 Ribu Hektar Lahan Pertanian Baru Disiapkan

Antisipasi El Nino, 500 Ribu Hektar Lahan Pertanian Baru Disiapkan

Mataram, Gatra.com - Dampak El Nino yang sudah dirasakan saat ini, membuat Kementerian Pertanian diminta untuk menyiapkan 500 ribu hektar lahan pertanian baru. Perintah Presiden Joko Widodo tersebut ditugaskan langsung kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk mengantisipasi bencana kekeringan tersebut.

Hal itu disampaikan Menteri SYL Dalam kunjungan kerjanya di Kota Mataram, NTB PADA Sabtu (12/8) sekaligus Rakor dan gerakan nasional penanganan dampak El Nino.

"Bapak Presiden meminta saya untuk menyiapkan 500 ribu hectare. jika El Nino melanda dalam keadaan yang relatif rendah, maka Kementerian Pertanian (Kementan) akan menyediakan pasokan pangan (beras) sebanyak 382 ton,” ungkapnya.

Menurut Syahrul, El Nino dalam tingkat yang rendah, dari analisis antara kelembapan 42 sampai 50 akan diperlukan kira-kira 382 ribu ton (beras). Jika pendekatan ekstrem (kelembapan) di atas 800, akan siapkan di atas 1 juta ton. Namun, lanjut Mentan, pihaknya optimistis akan mampu menyediakan tak kurang dari 1,5 juta ton untuk kesiapan pangan menghadapi El Nino.

"Kita yakin bisa menciptakan 1,5 juta ton," bebernya.

Mentan menambahkan ada daerah di Indonesia yang tidak terdampak El Nino, tapi tetap dilanda kekeringan saat kemarau. Namun, dia mengaku semua daerah di Indonesia memiliki daerah hijau tersendiri dengan mata air yang cukup banyak.

"Daerah kuning itu pas-pasan airnya. Itu yang perlu diintervensi dengan teknologi, intervensi mekanisasi, intervensi varietas dengan pendekatan yang masif," kata Syahrul Yasin Limpo.

253