Home Olahraga Keren! Pascal Wilmar Sang Legenda Voli Tanah Air Menjadi Pelatih Tim Luar Negeri

Keren! Pascal Wilmar Sang Legenda Voli Tanah Air Menjadi Pelatih Tim Luar Negeri

Jakarta, Gatra.com - Pascal Wilmar, legenda voli Indonesia telah mengukir prestasi gemilang dalam dunia olahraga voli, kini menjadi sorotan baru sebagai pelatih pertama dari Indonesia yang dipercaya melatih tim luar negeri.

Pada musim 2023/2024 ini, Pascal Wilmar mendapat kehormatan untuk melatih Tim Uni Emirat Arab (UEA), Hatta Sport Club, sebuah momen bersejarah bagi olahraga voli Indonesia. Pascal Wilmar merupakan sosok yang berpengalaman dan memiliki prestasi gemilang dalam dunia voli.

Pascal pernah menjadi bagian dari tim Indonesia yang meraih kemenangan gemilang di ajang 7th Asean University Games 1992 di Selangor, Malaysia. Tidak berhenti di situ, pada SEA Games 1993 di Singapura, Pascal turut menyumbangkan medali emas untuk Indonesia, membuktikan kelasnya sebagai pemain voli papan atas. Pascal juga pernah menukangi beberapa tim elite Proliga seperti Jakarta Pertamina Pertamax dan Palembang Bank Sumsel Babel.

Sepanjang sejarah, belum ada pelatih voli asal Indonesia yang mendapat kepercayaan melatih tim luar negeri, sehingga keberhasilan Pascal membuka jalan bagi pelatih-pelatih Indonesia lainnya untuk meniti karir di tingkat global.

“Mendapat kepercayaan menjadi pelatih tim luar negeri bukanlah hal yang mudah, namun saya yakin bahwa kesempatan ini dapat membuka peluang yang lebih besar bagi atlet dan pelatih olahraga voli tanah air agar lebih berani berkompetisi di level internasional,” ujar Pascal dalam keterangan yang diterima, Senin (14/8/2023).

Atas prestasi dan kontribusinya yang besar dalam dunia voli tanah air, brand sepatu voli internasional, FIXCH, memberikan apresiasi dengan menunjuk Pascal Wilmar sebagai #teamFIXCH atau brand ambassador terbarunya. FIXCH merasa memiliki kesamaan visi dengan Pascal untuk memajukan olahraga voli Indonesia ke kancah dunia.

CEO PT Citra Persona Atletika selaku Principal FIXCH di Indonesia, Leonardus Adrianto Wicaksono, mengapresiasi sepak terjang Pascal dalam dunia voli.

"Pascal Wilmar adalah sosok inspiratif yang telah membuktikan kecintaannya pada olahraga voli Indonesia melalui prestasi dan dedikasinya. Kami sangat meyakini nilai-nilai yang beliau bawa dalam memajukan olahraga voli di tanah air dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mendorong Indonesia menuju panggung internasional," ucap Leonardus.

Dengan berbagai pengalaman gemilang sebagai pemain dan pelatih, serta dukungan dari brand sepatu voli internasional FIXCH, Pascal Wilmar akan terus berkomitmen untuk memajukan voli di Indonesia dan menginspirasi generasi berikutnya untuk mencapai prestasi luar biasa dalam olahraga yang dicintainya.

269