Home Olahraga Guardiola Kandidat Terkuat Pelatih Terbaik UEFA, Jose Mourinho Tenggelam

Guardiola Kandidat Terkuat Pelatih Terbaik UEFA, Jose Mourinho Tenggelam

Nyon, Gatra.com - Selain memberikan penghargaan kepada pemain terbaik pria, UEFA juga akan memberikan penghargaan pelatih terbaik musim 2022/23.

Tiga nama teratas yang masuk nominasi adalah Pep Guardiola, Simone Inzaghi, dan Luciano Spalletti.

Baca Juga: Nama Ronaldo Tak Masuk Daftar 11 Besar

Masuknya Guardiola dalam nominasi tak lepas dari prestasinya membawa Manchester City menjadi juara Liga Champions untuk pertama kalinya. Guardiola pun menjadi kandidat terkuat untuk meraih penghargaan pelatih terbaik ini.

Adapun Inzaghi yang "sukses" mengantakan Inter Milan sebagai finalis Liga Champions musim lalu. Sementara Luciano Spalletti sukses membawa Napoli menjadi juara setelah 33 tahun puasa gelar.

Pelatih Brighton Roberto De Zerbi berada di urutan keempat dengan 70 poin. Lalu ada pelatih Arsenal Mikel Arteta 67 poin, dan pelatih Kroasia dengan 49 poin.

Kesuksesan Jose Luis Mendilibar membawa Sevilla sebagai juara Liga Europa musim lalu, membuatnya berada di peringkat ke-7 dengan 28 poin.

Baca Juga: Olivia Rodrigo Jadi Penggemar Baru Chelsea

Hanya saja, pelatih AS Roma Jose Mourinho tak ada dalam daftar 10 besar, meski membawa timnya ke babak final Liga Europa. Di bawah Mendlibar ada pelatih Prancis Didier Deschamps dengan 26 poin.

David Moyes yang membawa West Ham juara Liga Conference UEFA berada di urutan ke-9 dengan 22 poin. Adapun pelatih Lens Franck Haise di urutan ke-10 dengan 11 poin.

UEFA menjelaskan, tiga nominasi teratas dipilih oleh juri yang terdiri dari pelatih klub yang bermain di babak grup Liga Champions UEFA 2022/23, Liga Eropa UEFA, dan Liga Konferensi Eropa UEFA, bersama dengan pelatih tim nasional putra asosiasi anggota UEFA.

Sekelompok jurnalis yang dipilih oleh European Sports Media (ESM) juga merupakan bagian dari juri.

 

158