Home Olahraga Spanyol Juara Piala Dunia Wanita 2023

Spanyol Juara Piala Dunia Wanita 2023

Sydney, Gatra.com - Timnas Spanyol tampil sebagai juara Piala Dunia FIFA 2023.

Spanyol sukses mengalahkan Inggris dengan skor 1-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Accor Stadium, Australia, Minggu (20/8) malam WIB.

Baca Juga: Mo Salah Lewati Catatan Gol Steven Gerrard, Urutan Kelima Top Skor Liverpool

Ini adalah trofi pertama mereka di kompetisi ini. Di 8 edisi sebelumnya, trofi ini hanya dikuasai oleh 4 negara, yakni Amerika Serikat, Jerman, Norwegia, dan Jepang. Bahkan Amerika meraih juara sebanyak 4 kali.

Spanyol lebih dominan dalam penguasaan bola maupun tembakan ke arah gawang. Spanyol pun sukses membuka keunggulan di menit ke-29 melalui Olga Carmona. 

Olga Carmona juga menjadi sosok penentu di babak semifinal. Saat itu, golnya membuat Spanyol meraih kemenangan 2-1 atas Swedia sehingga berhak melaju ke partai final.

Upaya Inggris untuk menyamakan kedudukan selalu kandas. Skor 1-0 pun menutup laga babak pertama.

Baca Juga: Ketajaman Lautaro Martinez Masih Terjaga, Inter Milan Bekuk Monza

Pada menit ke-69, Spanyol sedianya berkesempatan menggandakan keunggulan usai mendapat hadiah penalti dari wasit. Sayangnya eksekusi dari Jennifer Hermoso berhasil diamankan oleh kiper Inggris, Mary Earps.

Inggris pun kembali bersemangat untuk terus mengejar ketertinggalan. Namun Spanyol mampu tampil disiplin meredam serangan demi serangan para pemain Inggris.

Masa perpanjangan waktu di babak kedua menjadi krusial. Waktu tambahan yang mencapai 15 menit, membuat Spanyol was-was. Beruntung, mereka terus mampu mempertahankan keunggulan hingga pertandingan berakhir.

82