Home Regional Cerita Sedih Bupati Agus Bastian, Pernah Jual Vespanya untuk Beli Susu Anak

Cerita Sedih Bupati Agus Bastian, Pernah Jual Vespanya untuk Beli Susu Anak

Purworejo, Gatra.com - Menyemarakkan peringatan HUT ke-78 RI, para pecinta Vespa yang tergabung dalam Geng Spekta, mengadakan Spekta Merah Putih Riding. Geng Spekta beranggotakan pejabat, pengusaha, wartawan, tokoh masyarakat, dan lainnya di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Bupati Purworejo, Agus Bastian pun ikut konvoi dengan mengendarai Vespa Excel keluaran akhir tahun 1980-an. Riders lain yang ikut adalah Wakapolres Purworejo Kompol Fadli, Kepala Rutan Kelas 2B Mochammad Mukaffie, Kepala Dinas Porapar Stephanus Aan Isa Nugraha, Ki Lurah Offroad Harjanto, dan puluhan lainnya. Ada sekutar 25 vespa ikut Spekta Merah Putih Riding berbagai jenis, antara lain Vespa PX, Super, Sprint, Excel, dan VBB.

Para riders memulai start dari Pendopo Rumah Dinas Bupati, melintasi jalan nasional langsung menuju ke Alun-alun Kutoarjo untuk meninjau Kutoarjo Ekspo. Saat mengunjungi stand-stand UMKM, Bupati Agus Bastian pun menyempatkan diri membeli produk-produk UMKM yang dijual.

Ada momen kala orang nomor satu di Kabupaten Purworejo itu memborong kue sus, kue moaci, dan kacang bawang di tiga stand berbeda. Tanpa canggung, Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR RI Partai NasDem itu membawa baki berkeliling untuk membagikan kue-kue tersebut kepada Wakapolres, Kepala Rutan, dan warga yang ada.

"Hari ini kami memperingati HUT ke-78 RI dengan cara touring mengendarai Vespa. Juga mengunjungi Kutoarjo Ekspo yang sudah tiga hari digelar," kata Bupati Agus Bastian, Minggu (20/8/2023).

Bastian kemudian menceritakan bahwa dirinya pernah memiliki dua buah Vespa saat merantau di Yogyakarta tahun 80-an. Vespa itu ia gunakan untuk pulang pergi kuliah hingga mengantar jemput sekolah putra-putrinya.

"Tapi kemudian Vespa-vespa itu saya jual karena kepepet, uangnya anatara lain buat beli susu anak pertama saya, Bima (dr Bima)," kata Bastian yang didampingi putra sulungnya, dr Bima.

Sementara itu, Ketua Geng Spekta, Stephanus Aan, menyampaikan bahwa selain untuk memperingati HUT ke-78 RI, kegiatan mereka juga dimaksudkan untuk ikut mempromosikan pelaku UMKM.

"Anggota Spekta terdiri dari berbagai latar belakang, tidak hanya pejabat, masyarakat biasa juga ada. Kami ingin menjalin silaturahmi dengan kegiatan-kegiatan sosial. Kami juga akan ikut berpartisipasi untuk meningkatkan pendapatan dan mempromosikan UMKM yang ada di Kabupaten Purworejo," kata Aan.

134