Home Nasional 6 Kabupaten/Kota Sabet Penghargaan Pengembangan Infrastruktur di Gatra Awards 2023

6 Kabupaten/Kota Sabet Penghargaan Pengembangan Infrastruktur di Gatra Awards 2023

Jakarta, Gatra.com - Enam pemerintah kabupaten/kota di sejumlah provinsi di Indonesia sukses menyabet penghargaan Gatra Awards 2023, dalam kategori "Daerah dengan Pengembangan Infrastruktur Fasilitas Penunjang Publik".

Keenamnya adalah Pemerintah Kabupaten Gowa, Pemerintah Kota Padang, Pemerintah Kota Lubuklinggau, Pemerintah Kota Makassar, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, dan Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Adapun, sebagai salah satu penerima penghargaan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan mendapat apresiasi atas pembangunan fasilitas layanan publik yang baik dan berkesinambungan. Utamanya, dalam infrastruktur kesehatan, dengan pendirian pusat kesehatan di RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan.

"Harapannya, infrastruktur dan sarana prasarana kesehatan kita tingkatkan, maka kualitas pelayanan kesehatan ikut meningkat, sehingga masyarakat bisa mengakses hak dasar masyarakatnya, yaitu kesehatan," ujar Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dalam acara Gatra Awards, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, pada Rabu (30/8).

Selain itu, penghargaan dalam kategori yang sama juga diterima oleh Pemerintah Kota Padang. Penganugerahan itu diberikan atas ketersediaan infrastruktur fasilitas publik yang baik, sehingga menciptakan peluang investasi di sektor pariwisata dengan banyak destinasi.

"Infrastruktur itu akan memperlancar, tentunya dalam masalah perekonomian, sehingga wujudnya akan meningkatkan kesejahteraan pada masyarakat kota Padang. Kita Pemerintah Kota pasti sangat konsentrasi dalam meningkatkan insrastuktur dari segala bidang," kata Wakil Walikota Padang Ekos Albar dalam acara penganugerahan itu.

Oleh itu, Ekos Albar pun mendorong Pemerintah Pusat untuk mendukung pembangunan di wilayah kota Padang. Ia menyebut, keterbatasan anggaran kerap kali menjadi hambatan bagi Pemerintah Daerah (Pemda) kota Padang dalam melakukan pembangunan infrastruktur bagi masyarakat.

Selain Pemerintah Kota Padang, Pemerintah Kabupaten Gowa dan Pemerintah Kota Lubuklinggau juga menerima penghargaan atas indikator yang sama, yakni ketersediaan infrastruktur fasilitas publik yang baik sehingga memberikan peluang investasi di sektor pariwisata dengan banyak destinasi.

Adapun, Pemerintah Kota Makassar menerima penghargaan tersebut atas ketersediaan infrastruktur transportasi yang lengkap dan mudah dijangkau. Hal itu berdampak positif untuk meningkatkan daya tarik investor untuk usaha.

Ada pula Pemerintah Kabupaten Bandung Barat yang menerima apresiasi atas ketersediaan infrastruktur yang berkelanjutan. Hal itu dilakukan melalui pemeliharaan jalan dan pembangunan fisik tertunda untuk menggenjot sektor pariwisata dan menarik investasi.

Sebagai informasi, Gatra Awards 2023 digelar dengan tema "Apresiasi Infrastruktur Daerah 2023: Pemerataan Infrastruktur Menuju Indonesia Emas". Pemberian apresiasi itu diberikan atas penilaian para juri dari pihak Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Universitas Indonesia.

247